Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Siapa Bilang Obat Stres Itu Mahal? Cara-Cara Hemat Ini Bisa Bantu Mengatasinya

Menjaga pikiran tetap sehat itu penting agar kamu terhindar dari stres. Sebab pikiran yang stres bisa berdampak buruk buat kesehatan. Tanpa perlu mengeluarkan uang sama sekali, ada beberapa cara hemat yang bisa kamu lakukan nih supaya pikiran tetap prima.

Cara-cara hemat ini bisa kamu mulai terapkan saat bangun di pagi hari. Kabarnya nih, memulai hari dengan benar menjadi kebiasaan baik yang membawa efek positif. Malah, kalau rutin dilakukan, kebiasaan tersebut bisa bikin kamu menjalani kegiatan secara efektif.

Efektivitas dalam melakukan kegiatan itulah yang kamu butuhkan supaya bisa menjalani hari-harimu dengan rasa optimis. Dengan begitu, tugas-tugas yang kamu kerjakan memberi hasil yang optimal.

Nah, kalau pengin merasakan dampak-dampak tersebut, mulai sekarang lakukan deh cara-cara hemat berikut ini seperti yang dikutip dari Entrepreneur. Disimak yuk ulasannya!

Baca juga: Ini Cara Simpel yang Bisa Dilakukan Agar Hemat dan Gak Terlihat Pelit

1. Begitu bangun, minumlah air mineral

Minum air mineral tiap pagi adalah cara hemat obati stres. (Pexels/Daria Shevtsova)
Minum air mineral tiap pagi adalah cara hemat obati stres. (Pexels/Daria Shevtsova)

Cara hemat yang paling simpel kamu lakukan adalah minum air mineral begitu bangun di pagi hari. Seperti yang kamu tahu, tubuh kita itu terdiri dari 55 – 60 persen air. Makanya kita perlu memastikan tubuh kita tercukupi cairannya.

Itulah kenapa kita dianjurkan minum air mineral begitu bangun di pagi hari. Sebab selama tidur, kita kehilangan cairan cukup banyak. Lagi pula meminum air mineral juga mendorong peningkatan metabolisme.

Selain itu, minum air putih setelah bangun pagi dapat mengurangi keasaman pada lambung dan gejala mulas. Terus nih, pikiranmu bakal jernih setelah meminum air. Dengan begitu, kamu pun siap memulai hari tanpa beban di pikiran.

Baca juga: Biar Gak Boros, Gini 6 Trik Belanja Hemat Buat Kamu Para Wanita Sibuk

2. Latih pernapasan selama 1 – 2 menit

Latih pernapasan kalau mau lakukan cara hemat obati stres. (Oleksandr Pidvalnyi)
Latih pernapasan kalau mau lakukan cara hemat obati stres. (Oleksandr Pidvalnyi)

Cara hemat yang bisa kamu lakukan selanjutnya adalah melatih pernafasan selama 1 – 2 menit. Loh, ngapain melatih pernapasan? Bukannya bernapas itu hal yang alami kita lakukan ya?

Emang benar, kita secara alamiah bernapas. Namun, penelitian menunjukkan bahwa kecemasan hingga depresi bisa berkurang dengan mengubah pola pernapasan kita. Gak cukup sampai di situ, energi, konsentrasi, dan sistem kekebalan tubuh bisa meningkat karena pola pernapasan.

Buat mengubah pola pernapasan ini, kamu cuma butuh melatih napas dengan cara:

  • Berbaring telentang di alas yang datar dengan lutut ditekuk.
  • Letakkan satu tangan di dada dan satunya lagi di bawah rusuk supaya kamu bisa merasakan gerakan diafragma saat bernapas.
  • Kemudian, tarik napas perlahan-lahan dari hidung dan rasakan perut kamu naik.
  • Kencangkan otot perut lalu berhenti sejenak.
  • Lalu buang napas melalui bibir yang mengerut.
  • Embuskan semua udara yang keluar dengan lembut.
  • Lakukan ini selama 1 – 2 menit dan tarik napas selama 6 kali per menit.

3. Regangkan tubuh selama 2 – 3 menit

Cara hemat obati stres adalah dengan regangkan tubuh. (Pixabay)
Cara hemat obati stres adalah dengan regangkan tubuh. (Pixabay)

Cukup meregangkan tubuh selama 2 – 3 menit, kamu bakal merasakan dirimu lebih baik dan bikin tubuh berfungsi secara efisien. Peregangan tubuh merupakan cara hemat dalam berolahraga yang cukup efektif merilekskan otot-otot tubuh.

Meregangkan tubuh setelah bangun bisa mengurangi kekakuan sendi-sendi di tubuh dan meningkatkan sirkulasi darah. Efeknya yang dirasakan nanti adalah fleksibilitas tubuh menjadi terjaga.

Apalagi meregangkan tubuh ini menjadi cara ampuh buat menjaga sistem saraf pusat terjaga dengan baik. Inilah alasannya pikiran ikut rileks setelah melakukan peregangan tubuh.

Baca juga: Mahasiswa, Begini Cara Berhemat yang Bisa Kamu Lakukan Biar Gak Bokek

4. Bersyukur selama 3 menit

Bersyukur adalah cara hemat obati stres. (Pexels/Juan Pablo Arenas)
Bersyukur adalah cara hemat obati stres. (Pexels/Juan Pablo Arenas)

Mengucap syukur bisa bikin hidup menjadi bahagia. Sebab mengucap syukur ternyata dapat mengurangi rasa cemas. Cara hemat ini bisa kamu lakukan di pagi hari dengan menuliskan satu hal yang paling kamu syukuri dalam hidup.

Kamu bisa bersyukur karena semalam bisa tidur nyenyak. Atau, kamu bersyukur karena masih punya waktu buat berkumpul dengan keluarga atau teman. Bisa juga bersyukur atas kesehatanmu ataupun terpenuhinya kebutuhan setiap bulannya.

Meskipun dianggap remeh, bersyukur tiap pagi bikin perasaan menjadi senang. Stres dan rasa cemas menurun karena terciptanya rasa senang tersebut.

5. Memvisualisasikan kesuksesan hari ini selama 1 – 2 menit

Cara hemat obati stres dengan visualisasikan kesuksesan. (Pixabay)
Cara hemat obati stres dengan visualisasikan kesuksesan. (Pixabay)

Satu hal yang bikin orang selalu termotivasi adalah hal-hal yang pengin dicapainya. Memvisualisasikan kesuksesan tiap harinya menjadi cara hemat yang mujarab yang bikin kamu semangat dalam menjalani hari-harimu.

Cukup bayangkan aja hal-hal kecil atau hal-hal besar yang bisa harus kamu capai. Misalnya aja bayangkan kamu bisa menyelesaikan pekerjaan sebelum jam pulang agar dapat pulang cepat. Atau bayangkan kamu memenuhi target dalam pekerjaan dan kamu bisa naik jenjang karier.

Visual-visual seperti itulah yang bikin pikiranmu terpacu dan mendorong dirimu bersemangat buat melakukan rutinitas. Walaupun terkadang hal-hal tersebut bisa gak sesuai kenyataan, seenggaknya kamu punya tujuan jelas yang pengin kamu wujudkan.

Cukup luangkan waktu maksimal 10 menit buat melakukan cara-cara hemat di atas maka kamu udah berupaya buat menghindarkan diri dari stres. Dengan begitu, hal-hal positif selalu menaungimu tiap harinya. (Editor: Ruben Setiawan)

Posting Komentar untuk "Siapa Bilang Obat Stres Itu Mahal? Cara-Cara Hemat Ini Bisa Bantu Mengatasinya"