Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Wah! Keberadaan Tol Trans Jawa Dianggap Merebut Hati Penumpang Pesawat

Tol Trans Jawa telah diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada 20 Desember 2018 lalu. Nah, kabarnya nih, Tol Trans Jawa telah berhasil merebut hati para calon penumpang pesawat, lho kok bisa?

Meskipun belum genap setahun kepopuleran Tol Trans Jawa ini berhasil banget nih mencuri perhatian para pemudik yang biasanya menggunakan jalur udara. Nah, keberadaan si Tol Trans Jawa ini jelas-jelas telah memiliki dampak bagi okupansi jasa angkutan penerbangan.

Gimana gak, saat ini orang bakal mudah buat menyambangi kampung halamannya. Gak percaya? Percaya atau gak nih ya, kalau Tol Trans Jawa ini jelas-jelas banget menimbulkan persaingan luar biasa banget buat penerbangan domestiknya khususnya Pulau Jawa.

Seperti dikutip dari Okezone.com, Kamis, (17/1/2019), Anggota Ombudsman Alvin Lie menyebutkan bahwa keadaan ini bikin perusahaan maskapai penerbangan putar otak. Ya, gimana gak memutar otak, dengan tiket penerbangan yang biasanya agak mahal dan belum lagi kendala teknis seperti delay terjadi dalam penggunaan jasa angkutan udara.

Baca juga: Trik Aman Mengemudikan Mobil Saat Hujan di Jalan Licin dan Berkabut

“Diresmikannya tol Trans Jawa sangat berpengaruh mengubah peta transportasi, penerbangan lintas kota Jawa mendapatkan persaingan luar biasa,” ujarnya dalam diskusi publik di kawasan Jakarta Pusat seperti dikutip dari Okezone.com.

Alvin dengan gamblang nih menjelaskan fakta yang terjadi saat ini ketika Tol Trans Jawa udah diresmikan pada Desember 2018 lalu. Bayangkan aja nih buat menempuh jalur darat antarkota di Jawa udah membaik banget lho.

Cirebon-Semarang hanya butuh 3,5 jam lewat Tol Trans Jawa

Cirebon-Semarang hanya butuh 3,5 jam lewat Tol Trans Jawa, (Ilustrasi/Shutterstock).

Perjalanan dengan menggunakan Tol Trans Jawa ini bisa ditempuh di bawah enam jam lho. Bayangin aja lho, kamu yang biasa menggunakan jasa angkutan udara emang lebih banyak memakan waktu meskipun terlihat terkadang angkutan udara dikenal ringkes.

“Cirebon-Semarang itu 2 jam, Semarang-Surabaya yang biasanya ditempuh pakai pesawat dengan harga tiket Rp 1 juta, sekarang sepi karena masyarakat banyak yang naik mobil. Sebab, waktu tempuhnya sekarang itu paling lama 3,5 jam,” jelas Alvin.

Nah, bayangin aja lho buat kamu yang dari Cirebon ke Semarang hanya membutuhkan waktu kisaran dua jam aja. Gak cuma itu misalkan kamu pergi menggunakan pesawat rute Semarang-Surabaya mesti mengeluarkan uang kisaran Rp 1 juta.

Baca juga: Jokowi Mau Produk Lokal Jadi Raja di Rest Area Jalan Tol

Sekarang dengan adanya Tol Trans Jawa, orang bisa menempuh jarak sekitar 3,5 jam lamanya. Gak cuma itu lho, Alvin juga membeberkan fakta lainnya tren penggunaan pesawat terbang selama Desember 2018.

Menurut Alvin, tren penggunaan pesawat terbang saat ini menurun hingga 13,4% dari enam bandara besar yang ada di Pulau Jawa.

“Pergerakan pesawat, jumlah yang berangkat dan mendarat pun turun. Hal ini tentu membuat airlines harus mengurangi jumlah penerbangan. Ini mengindikasikan bahwa kondisi airlines sekarang sedang kritis dalam hal keuangan,” ungkapnya santai.

Melihat fenomena di atas tadi bakal menggugah kamu memilih jalur darat nih buat mudik di tahun ini? Biasanya kalau udah musim mudik mau gak mau mesti berebutan tiket pesawat ya.

Dengan adanya Tol Trans Jawa sepertinya bakal mempermudah kamu nih yang pengin mudik dan masih di Pulau Jawa. Sebab, jarak yang dijelaskan di atas tadi terbilang cukup cepat ya. Butuh kisaran 2 jam buat menempuh jarak dari Cirebon-Semarang. (Editor: Mahardian Prawira Bhisma).

Posting Komentar untuk "Wah! Keberadaan Tol Trans Jawa Dianggap Merebut Hati Penumpang Pesawat"