Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Troubleshooting Koneksi Internet

1. Beberapa macam Utility untuk Troubleshooting koneksi Jaringan TCP/IP pada suatu jaringan koneksi 1internet atau jaringan koneksi internetwork
Dalam suatu infrastructure jaringan yang berskala besar dalam suatu organisasi, kemampuan untuk melaksanakan suatu troubleshooting persoalan jaringan dan juga persoalan system yaitu sangat penting. Masalah dalam suatu jaringan yaitu kebanyakan persoalan konesi kepada jaringan. Strategy dasar untuk troubleshooting koneksi jaringan yaitu berangkat dari sumber persoalan / lokasi masalah, dan kita bisa memulai memferifikasi fungsional pada layer-layer jaringan bab bawah. Jika sebuah komputer mengalami persoalan koneksi kepada jaringan local langkah pertama yang bisa kita lakukan yaitu menilik konfigurasi TCP/IP mencakup IP address, subnet mask, gateway, atau parameter IP lainnya.

  • Untuk troubleshooting konfigurasi jaringan gunakan tool berikut: ipconfig, network diagnostic, dan Netdiag
  • Untuk troubleshooting persoalan koneksi gunakan tool berikut: ping, pathping, tracert, dan juga arp

2. Troubleshooting konfigurasi TCP/IP
Misalkan konfigurasi sederhana pada diagram jaringan berikut ini yaitu diagram umum untuk jaringan internet di rumahan untuk koneksi ke Internet. Jika anda memakai layanan Speedy Telkom, maka modem-router yang digunakan biasanya memiliki konfigurasi default dengan IP address 192.168.1.1 yang mana IP address ini merupakan IP address Gateway bagi komputer yang terhubung dengan jaringan. Modem-router yang digunakan biasanya juga berfungsi sebagai DHCP server yang menawarkan konfigurasi IP address kepada komputer dalam jaringan. Misalkan pada komputer A ada persoalan tidak bisa koneksi terhadap komputer B atau tidak bisa koneksi ke Internet.



Untuk troubleshooting konfigurasi TCP/IP maka kita bisa memulai dari komputer yang bermasalah. Kita bisa menilik konfigurasi TCP/IP dengan memakai tool ipconfig pada command prompt. Bagaimana caranya? Tekan tombol ‘Windows’ dan tombol ‘R’ secara bersamaan untuk memunculkan windows RUN berikut dan ketik “cmd” terus klik “OK”.
Setelah itu pada command prompt ketik ipconfig, dan akan muncul konfigurasi IP address, subnet mask, dan gateway. Atau kalau ingin melihat konfigurasi lebih lengkap gunakan parameter /all menjadi ipconfig /all dan tekan Enter, maka akan muncul konfigurasi lengkap ibarat gambar dibawah ini dan kita bisa melihat konfigurasi DNS server yang digunakan (pada teladan terlihat DNS server dari Telkom).


Misalkan terjadi IP address duplikat dengan komputer lain yang ada pada jaringan maka pada subnet mask akan muncul: 0.0.0.0. kemungkinan terjadi IP duplikat kalau anda tidak memakai DHCP server, dan IP address di setup manual ke komputer-2. Untuk memastikan bahwa konfigurasi TCP/IP pada komputer anda benar, maka gunakan ping loopback dengan mengetikkan di command promp ping 127.0.0.1 atau ping localhost, dan kalau konfigurasi sudah benar maka akan muncul respon dengan “0% lost” ibarat pada gambar berikut ini.


Jika semua tampak manis tapi anda masih tidak bisa juga kanal ke internet Speedy, cobalah ping ke computer satunya dengan mengetikkan command berikut ke IP address computer B, ping 192.168.1.5. kalau respon nya juga tidak manis dengan 0% lost, maka perhatikan lampu di modem-router apakah lampu ADSL dan Internet juga nyala normal, bisa jadi lampu Internet mati, berarti ada persoalan dengan Speedy. Hal ini bisa saja terjadi kalau anda mengubah password account anda di website nya Telkom Speedy dengan password yang anda simpel mengingatnya.
Jika anda mengubah password account anda di Website Telkom Speedy, maka anda juga harus mengubah password yang ada di modem-router di rumah anda, anda bisa menelpon 147 untuk minta proteksi – setidaknya dipandu untuk mengganti password di modem-router anda.

3. Network Diagnostic
Dalam suatu infrastructure jaringan windows server 2003, network diagnostic biasa digunakan untuk untuk troubleshooting jaringan juga. Network Diagnostic dalah interface grafis yang sudah ada dalam Windows server 2003 yang bisa menawarkan warta detail wacana konfigurasi jaringan local. Untuk mengaksesnya, jalankan Help and Support dari Start Menu => Tools pada Support Task area => klik Tools => cari Network Diagnostics dan klik => akan muncul disisi kanan ibarat pada gambar dibawah berikut ini.


Ketika “Scan Your System” di klik, Network Dianostic akan menjalankan serangkaian test yang akan mengumpulkan warta wacana environment local ibarat gambar berikut ini.


Informasi yang dikumpulkan akan dijabarkan dalam serangkainan category yang secara default ada tiga katagory:
  • Internet service category, mencakup warta wacana Outlook Express Mail, Microsoft Outlook Express News, dan konfigurasi Internet Explorer Web Proxy
  • Category warta komputer, mencakup setting parameter Registry, Operating system dan versinya
  • Category Modem and Network Adapter, mencakup setting parameter registry modem, network adapter dan network clients.

4. NETDIAG Utility
Netdiag yaitu utility command line yang harus dinstall terlebih dahulu dari CD instalasi Windows server 2003 yang berada pada directory \Support\Tools dan dobel klik file Supports.msi.
Untuk melaksanakan troubleshooting persoalan jaringan, anda bisa melaksanakan scan Netdiag dan periksa karenanya atas error message yang mungkin ada.

5. Troubleshooting Koneksi memakai Ping dan Pathping
Ping yaitu utilitas untuk menilik koneksi level IP, sementara Pathping digunakan untuk mendeteksi kehilangan paket ketika paket menjelajah dari hop ke hop (dari router ke router). Command Ping digunakan untuk mengirim seruan echo ICMP (Internet Control Message Protocol) kepada host yang di sasaran ibarat pada teladan diatas.
  1. Untuk verifikasi konfigurasi TCP/IP gunakan ping 127.0.0.1 pada command prompt. Jika test ping gagal atau tidak ada response (100% lost) maka bisa jadi driver tidak benar, network adapternya rusak, atau terjadi interferensi IP dengan service lain.
  2. Untuk verifikasi IP address sudah benar ditambahkan ke komputer lakukan ping ke IP address local host pada command prompt
  3. Secara umum gunakan ping dengan IP address atau host name. kalau ping dengan IP address sukses, bisa jadi ping ke hostname gagal dikarenakan persoalan name resolution

Jika perjuangan ping gagal di setiap titik, periksa yang berikut
  • Pastikan bahwa IP address local komputer dan juga subnet mask sudah dikonfigure dengan benar
  • Default gateway juga dikonfigure dengan benar dan link antara local host dan gateway juga sudah dikonfigure dengan benar.

Jika ping ke remote host pada link yang lambat ibarat sambungan link satellite, maka response akan memakan waktu agak lambat untuk merespon. Gunakan parameter –w untuk respon time-out yang agak usang misal 10000 msec gunakan “ping –w 10000 IP_Address”. Default time-out dari ping yaitu 1000 msec (1 detik).

6. Troubleshooting dengan Tracert
Tracert yaitu utility untuk tracing route yang bisa anda gunakan untuk tracking path hingga 30 hops router-to-router. tracert juga memakai ICMP echo request kepada suatu IP address, dengan menaikkan TTL (time to live) pada header IP dimulai dari 1, dan menganalisa error ICMP ketika respon kembalian. Misal pada teladan berikut dilakukan tracert yahoo.com dari local komputer.
Jika ingin mendapat link yang sering tersendat-sendat gunakan pathping untuk melihat disisi router mana terjadinga delay / kehilangan paket yang sangat besar.

7. Troubleshooting memakai utility ARP
Jika anda bisa melaksanakan ping pada kedua IP address local anda dan juga loopback dengan sukses, akan tetapi anda tidak bisa ping ke suatu host pada subnet local, maka periksalah cache ARP (Address Resolution Protocol) barangkali ada kesalahan / error. Utility ARP ini sangat berkhasiat untuk melihat cache daftar ARP, gunakan arp –a pada local host. Untuk membersihkan daftar arp, gunakan parameter –d, arp –d IP_address.
Untuk melihat address physical (MAC address) gunakan ipconfig /all atau getmac. Jika anda tidak mendapat error pada command ARP –a dan anda juga tidak berhasil ping ke host pada subnet yang sama, maka anda bisa menilik pada media fisik ibarat LAN Card, Switch, dan atau cable jaringan.
Check juga Troubleshooting jaringan – melokalisasi persoalan jaringan rumahan dan juga setting wireless router dan cara mempercepat koneksi internet.
Semoga bermanfa’at.


Posting Komentar untuk "Troubleshooting Koneksi Internet"