Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Review: TabunganMu Mandiri Mitra Usaha

Sudah cukup lama saya meninggalkan bank mandiri, yah mungkin sekitar  5-6  tahun lalu. Selama itu pula saya tidak pernah mikir mau balik lagi. Dengan embel-embel bank terbesar sekalipun saya tidak tertarik.  Bahkan dengan banyak inovasi dalam pengembangan elektronik banking yang dilakukan bank mandiri sekalipun, saya tetap tidak berminat.



Bahkan saya punya pengalaman, ketika bos saya menyodorkan rekening bank mandiri dan satu bank besar lain untuk persiapan sarana penempatan dana pendapatan perusahaan yang baru di bangun, dua bank besar itu saya tolak mentah-mentah.  Tidak, saya mau bank yang kantor cabang nya paling dekat dari sini.  Jadi bikin deh rekening bank lain…. Hehe…#belagu

Sekarang saya sudah balik lagi ke bank mandiri. Buka akun karena memang  memerlukan. Yang penting produk ini cukup menarik.  Dan yang tidak kalah pentingnya: saya jadi  punya bahan untuk menulis disini wkwkwkkkk……..

Nama produknya : TabunganMu.  Saya buat review TabunganMu  Mandiri barangkali ada yang berminat.

Tentang TabunganMu

TabunganMu ( tabungan Mitra Usaha) adalah produk simpanan harian yang hanya tersedia  di bank Mandiri Mitra Usaha (MMU), tidak tersedia di cabang-cabang bank mandiri (saja)



Bank mandiri Mitra Usaha  adalah unit mikro dari bank mandiri itu sendiri.  Beroperasinya lebih banyak di daerah dan kota kecil  (bukan berarti di kota besar tidak ada).  Boleh dibilang di pinggiran lah, seperti di tempat saya tinggal sekarang  #oops….

Note:
Ada pengalaman dari teman kita Irwin Septian pada kotak komentar dibawah, dia bisa buka TabunganMu di cabang mandiri biasa. Silahkan di coba buat teman-teman yang mau bikin tapi kesulitan nyari cabang MMU

Siapapun yang sudah punya KTP bisa membuat rekening  disana, kita lihat biaya dan fasilitasnya


Jenis
Keterangan



Setoran awal  minimal – Rp
50.000
Biaya admininstrasi bulanan – Rp
0 (jika saldo akhir bulan diatas Rp juta)
5000 (jika saldo akhir bulan kurang dari Rp 1juta)
Saldo mengendap minimal – Rp
50.000
Biaya penutupan rekening – Rp
50.000


Fasilitas eBanking

-internet banking
Ya ( keamanan dengan token gadget)
-Mobile banking
Ya ( SMS, UMB, APK  Smartphone)
-ATM  / Kartu Debet
Ya (empat pilihan kartu)




Biaya Admin bulanan ATM / Kartu Debet

-ATM TabunganMu
0
-ATM Silver
1500
-ATM Gold
4000
-ATM Platinum
6500

Update: 24 januari 2016
ada info dari teman kita di kotak komentar, tahun 2016 setoran awal minimal 200ribu


 

Fasilitas Lengkap Biaya Ringan, Tapi……………

Kalau  kita perhatikan  table diatas jelas sekali terlihat biaya administrasi bulanan TabunganMu sangat ringan, Rp 3000 perbulan. Itu berarti hanya sepertiga dari dari tabungan mandiri induknya.

Update: 1 Agustus 2015
Info dari Bro Febrian: mulai bulan juli 2015 biaya administrasi gratis dengan syarat saldo diatas Rp 1juta. Kalo saldo dibawah Rp.1juta akan dikenakan biaya admin Rp 5000/bulan
---------

Untuk fasilitas saya mulai dari kartu ATM.

Dari empat pilihan kartu ATM  saya memilih kartu ATM TabunganMu,  tidak ada potongan bulanan (bodo amat deh kalo ada yang bilang perhitungan banget padahal cuma beda 1500 doang).

ATM tabungaMu design nya sederhana,  tapi unik nan menarik:  Gambar celengan ayam. Mantab bray, gue suka gambarnya. Jadi inget masa kecil. Ini dia penampakannya ATM gambar celengan ayam jago

ATM TabunganMu Mandiri. Image credit: bank mandiri mitra usaha

Di bagian belakang ada logo ATM Bersama, Prima dan Link,  yang menandakan kartu ini bisa digunakan di atm bank lain dalam jaringan tersebut.

Limit penarikan di atm perhari Rp 5juta, lumayan lah segitu mah. Kayak gak ada hari esok aja ambil duit banyak-banyak. Lagian kalau lagi perlu di transfer ke bank dulu juga bisa.

Tidak bisa digunakan untuk belanja di  toko. Gak masalah sih karena saya tidak berniat di tujukan untuk itu.

Namun, kalau teman-teman ingin kartu atm nya bisa di gunakan untuk belanja di merchant atau ingin limit transaksi lebih tinggi, bisa memilih jenis silver atau diatasnya.

Untuk fitur elektronik banking lainnya (internet banking atau mbanking dll )  sepertinya saya tidak perlu jelaskan disini (atau mungkin kapan-kapan saya tulis secara khusus). Yang pasti gini aja, kita bisa dapat fasilitas itu  sama halnya dengan nasabah tabungan mandiri reguler di bank mandiri induk, tidak ada perbedaan sama sekali.

Bagi teman-teman yang  sudah ngebet ingin segera buka tabunganMu  ada yang perlu  diketahui. Ada syarat khusus untuk bisa membuat simpanan  ini, yaitu;

“Setiap nasabah yang  membuka tabunganMu harus membuka  Tabungan Rencana mandiri”

Tabungan Rencana Mandiri (TRM) adalah jenis tabungan berjangka yang mengharuskan setoran wajib tiap bulan serta penarikannya hanya bisa dilakukan setelah masa jatuh tempo. Tidak ada biaya admin, serta suku bunga lebih besar di banding tabungan harian. Berapa besarnya?  Gak tahu deh, saya  malas ngomongin bunga bank.

Setoran wajib bulanan dan jangka waktu simpanan TRM ditentukan oleh kita sendiri sebagai nasabah.

Minimal setoran wajib  Rp 100.000 yang di debet  otomatis dari Tabungan  harian, sementara jangka waktu simpanan minimal adalah satu tahun.

Note: Dari pengalaman teman-teman yg bikin TabunganMu di cabang lain, ternyata mereka  tidak diharuskan membuka TRM.

Saran-Saran

Bagi teman-teman yang ingin membuka akun untuk tujuan transkasi dan simpanan dalam satu bank,  maka kombinasi TabunganMu dan TRM adalah pilihan bagus.

TabunganMu dengan fasilitas ebanking-nya bisa dijadikan alat untuk transaksi sehari-hari dengan biaya ringan.

Jika ingin menggunakan  TabunganMu sebagai rekening utama untuk transaksi, maka sebaiknya pilih kartu debet silver atau gold atau diatasnya.

Namun jika TabunganMu dijadikan  sebagai rekening kedua atau selebihnya, maka kartu ATM nya cukup pilih  yang gambar celengan ayam. Terserah sih, beda cenggo doang sama yang silver.

TRM bisa dijadikan simpanan yang bersifat memaksa, mendisiplikan diri untuk menyisihkan sebagian pendapatan  untuk tujuan financial beberapa tahun kedepan

Ambil  nominal setoran wajib TRM yang sekiranya mampu disisihkan tiap bulan. Kalaupun nantinya ada dana lebih banyak yang ingin simpan dan tidak ingin diambil dalam waktu cepat, kita bisa setor lagi diluar setoran wajib.

Ambil jangka waktu  tidak terlalu lama, maksimal dua tahun saja (saya sendiri satu tahun hehe….), kalaupun setelah jatuh tempo dana yang terkumpul belum kita perlukan,  maka kisa bisa perpanjang lagi. Lagi, dan lagi.  Atau teman-teman punya pendapat lain soal ini, mari diskukan disini…. Silahkan masuk…… 

Catatan Tambahan

Keharusan membuka Tabungan Rencana Mandiri  sebagai syarat pembukaan  TabunganMu membuat saya punya pikiran ganda.

Berpikir positif

Ini ide bagus. Kombinasi  tabungan harian berbiaya ringan dengan fasilitas lengkap  serta tabungan berjangka yang bersifat  “memaksa” membuat kita  nasabah punya pilihan satu bank untuk kebutuhan transaksi dan menyimpan uang.

Jadi kita tidak perlu lagi pusing mencari tabungan yang tidak ada atm-nya hanya karena takut tangan terlalu gatal menarik duit di pinggir jalan.  Sementara, sebagai konsumen kita juga sangat perlu dukungan fasilitas  untuk kebutuhan transaksi untuk menunjang hidup keseharian.  Padahal,  memiliki banyak akun bank  membutuhkan biaya admin bulanan yang kalau di kalkulasi lumayan juga bisa untuk  menikmati secangkir kopi di coffee shop.

Berpikir negative

Bank mandiri tidak mau “rugi”.  Seolah tidak rela memberi  nasabah fasilitas lengkap  dengan biaya ringan tanpa ada kepastian dana mengendap di simpanan. 

Bahasa kasarnya mungkin dia mengatakan begini. “gue kasih nih fasilitas lengkap biaya ringan buat transaksi. Elu simpan juga doang duit di gue. Kan gue perlu dana buat  nyalurin kredit”

Geetoo........

***

Terakhir, saya ingin bertanya sama teman-teman. Adakah  yang berminat dengan kombinasi produk ini, atau adakah yang akan beralih dari Tabungan Mandiri (saja) ke tabunganMu?

Yaudah, kalau begitu silahkan cari info kantor cabang mandiri mitra usaha di kota anda.

Terima masih telah membaca…….  Saya  Andrea undur diri…. Salam…..

 ****
lihat juga:
cara daftar internet banking mandiri dan cara aktivasi

Posting Komentar untuk "Review: TabunganMu Mandiri Mitra Usaha"