Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perempuan Indonesia, Wujudkan Kebebasan Keuangan Lewat 5 Cara Ini Yuk!

Artikel Ini dipersembahkan oleh Mitra Perencana Keuangan

Kami Finansialku.com

logo finansialku

Kebebasan keuangan jadi dambaan bagi banyak orang, tak terkecuali para perempuan Indonesia yang paham soal keuangan. Kebebasan keuangan atau financial freedom memang bukan hal yang bisa dicapai oleh semua orang, karena gak semua orang mau berjuang.

Tahu gak sih bahwa dengan merdeka secara finansial, kita akan punya lebih banyak waktu untuk melakukan hal-hal yang disukai. Pastinya gak perlu pusing dengan keuangan lagi.

Ingat ya, kebebasan keuangan gak sama dengan kaya. Kebebasan keuangan lebih dari sekedar punyai banyak uang.

Kebebasan keuangan adalah kebebasan untuk menjadi siapa diri kita sebenarnya dan melakukan hal-hal yang disukai. Dan khususnya buat para perempuan, yang seringkali melakukan banyak peran dalam kehidupan. Sebagai orang tua, pasangan, karyawan, teman dan lainnya.

Sebagian perempuan merasa gak dapat mencapai kebebasan keuangan, bahkan untuk bebas secara waktu saja sulit. Mereka harus bertanggung jawab ngurus rumah, merawat anak-anak dan mengatur serba-serbi rumah tangga.

wujudkan kebebasan keuangan
Urusan perempuan cuma rumah, kasur dan anak, haduuuh zaman apa nih! (Perempuan Multitasking / Liputn6)

Tetapi, sebagai ibu rumah tangga, bukanlah hal yang gak mungkin untuk dapat mencapai kebebasan keuangan. Simak nih 5 cara bagi para perempuan Indonesia untuk mewujudkan kebebasan keuangan.

1. Ubah Mindset

Stop pemikiran bahwa perempuan hanya untuk berada di rumah, mengurus anak dan menunggu uang dari suami. Mulailah hari dengan membaca buku-buku dan artikel keuangan. Semangati diri sendiri setiap paginya dengan terus berkata bahwa “Saya Bisa”.

2. Realisasi

Setelah mengubah pemikiran, mulailah untuk mengambil langkah awal untuk merealisasikan kebebasan keuangan. Kebebasan keuangan secara matematis dapat dirumuskan dengan :

Penghasilan Pasif + Hasil Investasi >= Pengeluaran

Penjelasan

– Penghasilan pasif : penghasilan yang didapat karena aset kita bekerja untuk menghasilkan pemasukan.

– Hasil investasi : penghasilan yang didapat karena uang kita bekerja dan menghasilkan pemasukan.

– Pengeluaran : semua jenis pengeluaran baik kebutuhan dan keinginan

3. Jangan Berhenti Belajar

wujudkan kebebasan keuangan
Tuh adek bayi aja rajin belajar, masa kamu gak, malu dong hehehe (Bayi dan Laptop / Hipwee)

Pengetahuan akan keuangan dapat memberikan kita gambaran untuk mengetahui apa yang seharusnya dilakukan. Tingkatkan juga literasi keuangan, agar kita dapat melihat keuangan dari sudut pandang yang berbeda.

4. Mulai dari Rencana Keuangan, Berinvestasi dan Membangun Asset

Tentunya tabungan saja gak cukup karena uang di dalam tabungan akan ‘habis’ termakan oleh inflasi (kenaikan harga-harga barang).

Sebaiknya, mulai membuat rencana keuangan untuk mencapai kebebasan keuangan dan mulai berinvestasi. Jika dana sudah cukup, segera mulai membeli aset untuk mendatangkan pemasukan pasif.

5. Tetap Positif

Tantangan dan hambatan pada pencapaian tujuan finansial pasti akan menghampiri. Jangan rendah diri atau menyerah, satu hal yang perlu  dilakukan adalah terus berjuang. Percayalah bahwa dengan segala potensi yang dimiliki, karena kita mampu mewujudkan kebebasan keuangan.

wujudkan kebebasan keuangan
Senyumn aja sis, mau marah-marah atau emosi juga malah tambah tua loh hehehe (Perempuan Tersenyum / Officetimer)

So, setiap perempuan di Indonesia berhak mencapai kebebasan keuangan. Syarat utamanya adalah dengan mau melakukan perubahan dan perbaikan, pasti bisa! Ayo mulai dari sekarang, tunggu apalagi!

 

 

Yang terkait artikel ini:

[Baca: Kartu Kredit Jika Dipegang Tangan Wanita Karir Musibah atau Manfaat]

[Baca: Mandiri Secara Finansial Sedari Muda Bukan Gak Mungkin Usaha Dulu Dong]

[Baca: Jangan Mau Dinomorduakan Ini Hak-hak Karyawan Perempuan yang Wajib Diketahui]

Posting Komentar untuk "Perempuan Indonesia, Wujudkan Kebebasan Keuangan Lewat 5 Cara Ini Yuk!"