Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Html (Hypertext Markup Language)



Pengertian HTML atau Hypertext Marksup Language merupakan salah satu format yang dipakai dalam pembuatan dokumen dan aplikasi yang berjalan dihalaman web. Sebenarnya, dokumen HTML hanyalah sebuah dokumen teks biasa dan disebut sebagai Markup Language yakni bahasa yang mengandung tanda (tag) tertentu yang dipakai untuk mengatur format tampilan suatu dokumen.
HTTP atau Hypertext Transfer Protokol merupakan protokol yang dipakai untuk mentransfer data atau document yang berformat HTML dari web server ke browser (Internet Explorer, Netscape Navigator, NeoPlanet, dll). Dengan HTTP inilah yang memungkinkan Anda menjelajah internet dan melihat halaman web.

Untuk menciptakan dokumen HTML hanya diharapkan sebuah aplikasi teks editor biasa. Namun  sekarang ini di pasaran terdapat berbagai HTML authoring (software yang dipakai untuk menciptakan atau mendesain halaman web). Macromedia Dreamweaver, Adobe GoLive, MS FrontPage sekedar contohnya. Tetapi tanpa mengetahui dasar-dasarnya Anda tidak akan memperoleh hasil yang maksimal. Mengapa? Karena walaupun software-software tersebut semakin menunjukkan fasilitas dalam menciptakan halaman web, tetapi biasanya seseorang masih perlu untuk mengedit halaman web tersebut secara manual. Terutama untuk halaman web yang sangat komplek.
Dalam tutorial ini Anda akan kami ajak untuk mengetahui dasar-dasar dari desain web. Yang diharapkan hanya sebuah word processor. Anda sanggup memakai Notepad, WordPad, MS Word atau yang lainnya. Tapi yang paling gampang yakni memakai Notepad. Setelah anda memahami betul semua tag-tag dasar html, diakhir nanti kita akan mencar ilmu menciptakan halaman web dengan memakai web tool.

Posting Komentar untuk "Pengertian Html (Hypertext Markup Language)"