Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Dan Fungsi Firewall Dalam Suatu Jaringan Komputer Lan Dan Wan


Pengertian  / Arti Firewall, Firewall yakni sebuah sistem atau perangkat yang mengizinkan kemudian lintas jaringan yang dianggap kondusif untuk melaluinya dan mencegah kemudian lintas jaringan yang tidak aman. Umumnya, sebuah firewall diimplementasikan dalam sebuah mesin terdedikasi, yang berjalan pada pintu gerbang (gateway) antara jaringan lokal dan jaringan lainnya.

Firewall umumnya juga dipakai untuk mengontrol susukan terhadap siapa saja yang mempunyai susukan terhadap jaringan langsung dari pihak luar. Saat ini, istilah firewall menjadi istilah generik yang merujuk pada sistem yang mengatur komunikasi antar dua jaringan yang berbeda. www.zona-cyber-man.blogspot.com

Mengingat ketika ini banyak perusahaan yang mempunyai susukan ke Internet dan juga tentu saja jaringan korporat di dalamnya, maka pertolongan terhadap aset digital perusahaan tersebut dari serangan para hacker, pelaku spionase, ataupun pencuri data lainnya, menjadi esensial.” Kaprikornus firewall yakni suatu prosedur untuk melindungi keamanan jaringan komputer dengan menyaring paket data yang keluar dan masuk di jaringan. Paket data yang “baik” diperbolehkan untuk melewati jaringan dan paket dapa yang dianggap “jahat” tidak diperbolehkan melewati jaringan www.zona-cyber-man.blogspot.com.

Kunci ruangan tersebut hanya dipegang oleh staf IT dan diperbolehkan memakai ruang tersebut atas seizin staf IT. Ini berfungsi selain menjaga kehilangan alat komputer dan jaringan secara fisik oleh pencuri atau perampokan, namun juga berfungsi menjaga kehilangan data yang tersimpan pada alat komputer tersebut. Bisa saja seseorang mencuri dan menghapus data penting perusahaan. Tentunya ini sangat merugikan perusahaan tersebut.

Berikut ini ilustrasi mengenai firewall ;





Fungsi Firewall
A. Mengontrol dan mengawasi paket data yang mengalir di jaringan Firewall harus sanggup mengatur, memfilter dan mengontrol kemudian lintas data yang diizin untuk mengakses jaringan privat yang dilindungi firewall. Firewall harus sanggup melaksanakan investigasi terhadap paket data yang akan melawati jaringan privat. Beberapa kriteria yang dilakukan firewall apakah memperbolehkan paket data lewati atau tidak, antara lain :
  • Alamat IP dari komputer sumber. www.zona-cyber-man.blogspot.com
  • Port TCP/UDP sumber dari sumber.
  • Alamat IP dari komputer tujuan.
  • Port TCP/UDP tujuan data pada komputer tujuan
  • Informasi dari header yang disimpan dalam paket data.

B. Melakukan autentifikasi terhadap akses. www.zona-cyber-man.blogspot.com

C. Aplikasi proxy Firewall bisa menilik lebih dari sekedar header dari paket data, kemampuan ini menuntut firewall untuk bisa mendeteksi protokol aplikasi tertentu yang spesifikasi.

D. Mencatat setiap transaksi kejadian yang terjadi di firewall. Ini Memungkinkan membantu sebagai pendeteksian dini akan penjebolan jaringan.

Posting Komentar untuk "Pengertian Dan Fungsi Firewall Dalam Suatu Jaringan Komputer Lan Dan Wan"