Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Nih 5 Cara Buat Pastikan Donasi Tersalurkan ke Tangan yang Membutuhkan

Punya inisiatif nyumbang donasi buat korban bencana alam adalah sikap yang mulia. Karena pada dasarnya, manusia adalah makhluk sosial.

Tapi dari sekian banyaknya lembaga penyalur bantuan, apa kamu yakin donasi kamu sampai ke tangan yang tepat? Atau jangan-jangan nggak jelas dikirim kemana.

Jangan khawatir dan nggak usah panik dulu. Sebelum kamu transfer dana ke rekening lembaga penyalur bantuan, kamu harus lakukan 5 hal ini. Yuk kita telusuri lebih lanjut:

1. Kenali program-program penyalur donasi

Tak kenal maka tak sayang. Makanya nih, wajib bagi kamu mengenal lembaga penyalur bantuan yang akan kamu tuju. Apalagi jika kamu mau nyumbang dana besar.

Pilih lembaga penyalur bantuan yang punya website. Kamu bisa lihat program-program dan update kegiatan mereka dari website-nya.

pastikan donasi tersalurkan
Punya situs yang bagus dan detail tuh salah satu ciri lembaga penyalur donasi terpercaya (Situs Dompet Dhuafa / Hipwee)

2. Kenali pihak yang mendukung lembaga penyalur sumbangan

Setelah kenal sama programnya, cari tahu siapa yang mendukung lembaga ini. Ini sama saja dengan mencari tahu ulasan atau review barang yang akan kamu beli.

Kalau yang dukung itu negara atau organisasi internasional, artinya lembaga ini dipercaya masyarakat. Sepak terjangnya nggak perlu diragukan.

Misalkan, Pos Keadilan Peduli Umat (PKPU) mendapat dukungan dari Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Dukungan itu membuat PKPU dapat beroperasi di area yang lebih luas.  

Dompet Dhuafa yang dikukuhkan oleh Kementerian Agama RI sebagai Lembaga Zakat Nasional pada 2001. Pengukuhan itu dilakukan karena meningkatnya kepercayaan masyarakat terhadap Dompet Dhuafa.

Dan yang terakhir, Aksi Cepat Tanggap (ACT) yang mendapat pengakuan sebagai mitra Kementerian Sosial RI. Selain dokumen pengakuan tersebut, ACT turut memampang dokumen legalitas lain di situsnya.

pastikan donasi tersalurkan
Sepak terjang ACT sih udah gak diragukan ya, bukan cuma retorika tapi nyata aksinya (ACT / Aisyahisaura)

3. Cek laporan audit lembaga penyalur donasi

Transparansi laporan keuangan itu wajib buat lembaga apapun, termasuk penyalur donasi. Lembaga penyalur donasi yang kredibel pasti siap berikan kamu informasi keuangannya.

Bahkan, beberapa lembaga sudah menampilkan laporan keuangan di website-nya. Kamu hanya perlu klik laporan audit tahun berapa yang kamu mau lihat.

4. Pantau publikasi lembaga penyalur donasi di media

Kalau pantau dari website saja ya nggak cukup dong karena terlalu subyektif. Pantau pemberitaan aktivitas lembaga penyalur donasi di media massa.

Berita seputar aktivitas penyaluran bencana sudah pasti beda sama iklan atau infotainment. Media memberitakan itu karena mereka harus update isu bencana alam dan siapa yang terjun membantu korban.

5. Waspadai ajakan donasi via SMS

Nggak jarang ada ajakan donasi via SMS dari nomor yang tak dikenal. Kamu wajib waspada sama hal-hal yang begitu.

Kadang SMS broadcast itu mengatasnamakan salah satu lembaga penyalur donasi ternama. Padahal itu cuma penipuan dari pihak yang nggak bertanggung jawab.

pastikan donasi tersalurkan
Hati-hati ya sama sms hoax, udah bukan cuma mama minta pulsa, tapi mama minta uang hehehe (Ponsel / Blogspot)

Mastiin kalau itu SMS penipuan gampang aja. SMS dari salah satu lembaga itu rata-rata pakai “masking.”

SMS Masking adalah layanan SMS broadcast dimana identitas pengirim yang muncul di layar penerima dapat diubah dengan nama sesuai yang diinginkan pengirim. Misalnya, kamu pasti pernah kan terima SMS dari Kemenkominfo? Padahal kamu nggak pernah save nomor mereka.

Itulah yang namanya masking. Jadi, mulai sekarang jangan percaya deh sama SMS broadcast dari nomor yang nggak jelas.

Gimana, sudah paham kan cara mencari tahu lembaga penyalur donasi yang kredibel? Mulai sekarang lakukan penelusuran dulu ya sebelum nyumbang.

 

 

Yang terkait artikel ini:

[Baca: Supaya gak menjadi manusia materialistis berikut 6 cara mendidik anak]

[Baca: Mau Tahu gak 4 Tipe Kepribadian Orang dalam Memakai Uang]

[Baca: Donasi Uang Kembalian Emang Beneran Disumbangin Yah]

Posting Komentar untuk "Nih 5 Cara Buat Pastikan Donasi Tersalurkan ke Tangan yang Membutuhkan"