Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mau Ngirit tapi Berkesan, Pakai Voucher Buat Hadiah Natal Aja

Natal akan segera tiba. Saatnya bagi mereka yang merayakan untuk bergembira.

Tapi kegembiraan itu belum lengkap rasanya kalau gak ada tradisi tukar hadiah. Tradisi ini banyak dijalankan oleh keluarga-keluarga di Indonesia.

Namun kadang kita bingung cari ide hadiah Natal yang pas. Pas buat acara, dan pas di kantong tentunya.

Tenang, gak perlu bingung-bingung. Pakai voucher buat hadiah Natal bisa menjadi pilihan terbaik.

Dilihat dari kacamata keuangan, ngasih voucher buat hadiah Natal adalah langkah penghematan. Kok bisa begitu? Bisa pastinya.

Voucher hadiah natal
Bingung ngasih apa pas Natalan? Kasih voucher aja biar mereka bebas belanja di mana aja (hadiah voucher/Wettie)

Begini. Kita ambil contoh voucher Carrefour senilai Rp 100 ribu. Voucher ini bisa dipakai buat belanja di Carrefour dengan nilai sama.

Tapi, kita pas beli gak perlu ngeluarin duit Rp 100 ribu. Di situs jual-beli kayak Tokopedia dan Bukalapak serta situs promo-kupon semacam Groupon, kita cukup nebus Rp 90 ribu untuk satu voucher. Tinggal kitanya yang kudu teliti cari penjual voucher dengan harga miring di situs-situs itu.

Orang yang kita kasih hadiah tahunya ya voucher itu bisa digunakan buat beli barang senilai Rp 100 ribu. Inilah nilai plus lain ngasih voucher buat hadiah Natal.

Coba kalau kita mau ngasih 5 orang dan harus ngeluarin Rp 100 ribu buat hadiah. Berarti total pengeluaran 5 x Rp 100 ribu= Rp 500 ribu.

Kalau ngasih voucher belanja Rp 100 ribu dengan harga Rp 90 ribu, pengeluaran lebih sedikit. Hitungannya, Rp 90 ribu x 5= Rp 450 ribu. Ngirit Rp 50 ribu, lumayaaan.

Voucher hadiah Natal
Kalau beli voucher kan lumayan tuh kamu ada sisa duit. Bisa ditabung deh duitnya atau buat pacaran (menyisihkan duit tabungan/Bolsamania)

Selain itu, orang tersebut bebas makai voucher itu buat beli apa. Jadi, mereka bisa menyesuaikan dengan kebutuhan atau keinginannya.

Kalau dapetnya baju, padahal di lemari baju udah bertumpuk dan banyak yang gak sempet dipakai, kan sayang. Kalau dapet hadiah gadget terbaru sih, oke banget.

Ssst…Situasi ini juga bermanfaat bagi kita, lho. Jujur aja, males kan muter-muter cari hadiah yang pas? Kasih voucher aja, beres. Yang dikasih voucher yang muter-muter 😀

Teliti Dulu

Tapi tunggu dulu. Jangan sampai asal ngasih voucher. Nanti bisa malu-maluin. Mungkin saja voucher besoknya udah kedaluwarsa atau malah udah lama hangus.

Jadi, ada sederet hal yang harus diteliti sebelum beli dan ngasih voucher buat hadiah Natal berikut ini:

1. Tanggal valid

Lihat tanggal berlaku voucher. Kalau bisa, voucher yang dibeli setidaknya berlaku untuk setahun ke depan. Semakin lama, semakin baik.

2. Syarat dan ketentuan

Ini juga mesti dilihat biar yang dikasih gak kecewa. Misalnya syaratnya voucher berlaku kalau pembelian di atas Rp 300 ribu. Jadi, harus belanja dulu Rp 300 ribu, baru dipotong voucher Rp 100 ribu.

Kasihan orang yang dikasih voucher kalau kayak gitu. Soalnya dia kayak dipaksa belanja baru bisa nggunain voucher.

3. Keaslian

Risiko dapet voucher palsu tetep ada meski kita udah teliti seteliti-telitinya. Jadi, kalau beli di orang ketiga alias bukan penerbit voucher, pastikan orang tersebut tepercaya.

Jika beli di Bukalapak, misalnya, bisa dicek feedback orang-orang yang pernah bertransaksi dengannya. Kalau feedbank-nya baik-baik, lanjut saja.

voucher hadiah Natal
Teliti, itu kuncinya ketika beli voucher secara online. Jangan asal beli nanti nyesel (belanja online/Mompreneur360)

Di Indonesia ini, benda berbentuk kertas dokumen kayak gitu sering dipalsukan. Wong surat kendaraan aja bisa dikerjain. Biar lebih aman, bisa beli langsung di penerbitnya.

Beli di Mana

Seperti disebutkan sebelumnya, kita bisa beli voucher-voucher hadiah semacam itu di situs-situs jual-beli online dan situs diskon. Beli langsung juga bisa, tapi biasanya harus beli banyak biar dapat potongan harga.

Voucher-voucher yang bisa digunakan sebagai hadiah Natal di antaranya:

1. Mitra Adi Perkasa (MAP) untuk beli di department store Sogo sampai toko buku Kinokuniya.

2. Sodexo untuk belanja di supermarket sampai makan di restoran sushi.

3. Carrefour

4. Giant

5. Voucher hotel (bisa langsung di hotel atau situs diskon)

6. IKEA

7. Dan lain-lain

Manfaat ngasih voucher buat hadiah Natal benar-benar maksimum dari segi keuangan dan sosial. Buat keuangan, bisa jadi strategi pengiritan.

Sedangkan buat sosial, yang dikasih voucher pasti senang karena bebas mau beli apa saja. Gak terpaku pada satu benda saja.

 

 

Yang terkait artikel ini:

[Baca: Yuk Ngirit, Pantau Terus 12 Website Diskon di Indonesia Ini!]

[Baca: Gadget untuk Anak: Jangan Cuma Beli Ponsel Mahal Dong, Coba 3 Alat Pemantau Keselamatan Anak Ini!]

[Baca: Mobil Bekas, Why Not? Tapi Awas, Jangan Sampai Ketipu Dapat Surat Mobil Palsu]

Posting Komentar untuk "Mau Ngirit tapi Berkesan, Pakai Voucher Buat Hadiah Natal Aja"