Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kisah 6 Orang Ini Berhasil Buktikan Kalau Sukses Gak Dibatasi Usia

‘Aduh bro, umur gue udah 30 tahun, bisnis kok masih gini-gini aja sih?’ Keluh Indra suatu hari ke sahabatnya sambil bertopang dagu. ‘Kok elo gak semangat gitu sih Ndra? Namanya usaha ya berjuang terus lah!’ Sahut Bronie sambil ngunyah kacang atom.

Gak ada kata terlambat untuk memulai dan gak ada kata gak mungkin untuk jadi sukses kok. Gak percaya? Nih, 6 orang yang jadi bukti nyata kalau sukses gak dibatasi oleh usia.

1. Colonel Harland David Sanders (KFC)

Sukses gak dibatasi usia
Setelah merasakan pahitnya dunia, Colonel Sanders sukses di usia 65 tahun. Masih berani bilang kamu ketuaan buat mulai bisnis? (Col. Sanders/Entrepreneurs)

Siapa sih yang gak pernah makan KFC? Restoran cepat saji dengan menu andalan ayam goreng ala Barat ini ada mana-mana hingga seluruh negara. Sosok di balik suksesnya KFC dengan keuntungan sekitar US$105 per tahun adalah Colonel Harland David Sanders.

Kamu tahu gak kalau Colonel Sanders ternyata baru meraih kesuksesannya bersama KFC pada usianya yang ke-65 tahun loh.

Kisah hidup Sanders pun gak seperti yang kita bayangkan. Penuh kepahitan dan kesedihan. Namun, saat Sanders nyaris menyerah, ia memutuskan untuk memasak dengan modal seadanya saat itu.

2. Ray Kroc (McDonald’s)

Sukses gak dibatasi usia
Sebelum berhasil dengan McDonald, Ray Kroc dulu pernah jadi tukang susu keliling. Jadi jangan minder kalau mau buka bisnis ya buka dan jalani (Ray Kroc/Empowernet)

Mungkin sosok Ray Kroc, pendiri McDonald’s gak seterkenal Colonel Sanders. Tapi, ternyata Ray Kroc juga meraih sukses di usia paruh baya yaitu 52 tahun. Jangan pikir Roy langsung sukses, oh tidak. Sebelumnya ia sempat menjual susu keliling loh.

Nah, saat usianya menginjak 52 tahun itulah Ray bertemu dengan Maurice dan Richard McDonald yang menjalankan bisnis restoran di San Benadino, California. Kroc lantas membujuk Richard McDonalds menjalankan sistem bisnis waralaba dari restoran tersebut.

3. John Pemberton (Coca-Cola)

Sukses gak dibatasi usia
John Pemberton pun baru sukses di usia 55 tahun. Tapi minuman yang ditemukan oleh Pemberton berhasil disukai banyak orang dari berbagai negara (John Pemberton/Mirror)

Hampir setiap orang pasti pernah minum Coca-cola, kamu juga kan? Seorang Bill Gates aja suka banget sama minuman bersoda ini loh. Pernah nyangka gak sih kalau yang nemuin formula minuman populer ini adalah seorang ahli fisika, John Pemberton.

John Pemberton baru berhasil menemukan formula minuman bersoda ini di usianya yang ke-55 tahun. Seseorang bernama Asa Cadler menjadi penerus bisnisnya hingga menjadi salah satu minuman terpopuler di dunia samai saat ini.

4. Adolf (Adi) Dassler (Adidas)

Sukses gak dibatasi usia
Punya sepatu Adidas? Nah kamu harus tahu penemunya ya (Adolf Dassler/Alchetron)

Tahu dong sepatu olahraga merek terkenal yang mendunia Adidas. Mungkin kamu salah satu pengguna setianya. Ternyata merek Adidas sendiri merupakan singkatan dari nama si pemilik, yaitu Adolf ‘Adi’ Dassler.

Adi Dassler sedari kecil sudah diajari membuat sepatu oleh ayahnya yang bekerja di sebuah pabrik sepatu. Ruang cuci ibunya menjadi saksi bisu perjuangan Adi memulai bisnis kecil sepatu olahraga. Proses emang gak pernah mengkhianati hasil, merek Adidas mereguk sukses saat Adi Dassler berusia 49 tahun.

5. Soichiro Honda

Sukses gak dibatasi usia
Meski sukses di usia 40an Soichiro Honda berhasil menjadi raksasa otomotif di Negeri Sakura (Soichiro Honda/K20elise)

Tahu kan salah satu merek kendaraan yang paling populer dan sering hilir mudik di jalanan. Yup, Honda. Pendiri perusahaan kendaraan raksasa asal Jepang ini didirikan oleh Soichiro Honda. Kesuksesan Honda pun diraih saat usianya 42 tahun.

Gak ada sukses yang instan. Sama halnya dengan apa yang dialami Soichiro Honda. Sebelum sukses dengan Honda, Soichiro telah berkali-kali mengalami kegagalan. Ia bahkan pernah ditolak menjadi insinyur di Toyota Motor Corporation. Dan Soichiro harus menganggur selama beberapa waktu.

6. Arianna Huffington (Huffington Post)

Sukses gak dibatasi usia
Meski sukses di usia paruh baya, Arianna Huffington jadi taipan media. (Arianna Huffington/CNBC)

Percaya gak sih kalau pendiri Huffington Post, Ariana Huffington baru menikmati sukses di usia 54 tahun? Ariana memang sudah tekun dan berkutat dengan dunia jurnalistik selama bertahun-tahun.

Banyak yang gak tahu kalau Ariana juga sempat menelurkan buku best seller loh. Ia juga pernah menjadi kontributor di beberapa media besar seperti Cosmopolitan, Vogue, The Daily Mail bahkan juga sempat mencoba peruntungan di dunia politik namun gak sukses.

Selain ke-6 sosok sukses di atas, masih banyak lagi loh. Kaget kan bahwa ternyata mereka baru bisa menikmati manisnya kesuksesan di usia yang terbilang sudah gak muda lagi.

Orang-orang sukses tersebut bisa dong jadi pelecut semangat kamu, apalagi buat yang masih muda. Jangan pernah menyerah karena bahkan usia bukan penghalang buat ada di puncak sukses.

 

 

Yang terkait artikel ini:

[Baca: Yuk Belajar dari 5 Orang Ini yang Malah Sukses Setelah Ditolak]

[Baca: Siap-siap Jadi Orang Sukses Deh Kalau Kamu Punya 7 Hal Ini]

[Baca: Semua Orang Bisa Sukses Berbisnis Kok, Asal Bisa Hindari Jebakan Betmen Ini]

Posting Komentar untuk "Kisah 6 Orang Ini Berhasil Buktikan Kalau Sukses Gak Dibatasi Usia"