Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Keputusan Pengadilan Termahal Sejagat, Salah Satunya Perceraian Miliarder Ini

Keputusan pengadilan baik bersifat pidana dan perdata, selain diganjar hukuman penjara atau kurungan, juga lazim diikuti pembayaran denda atau ganti rugi gugatan sebagai penyelesaian hukum. Nah, keputusan pengadilan berikut ini merupakan termahal di dunia.

Setidaknya ada 10 putusan pengadilan termahal terkait nilai ganti rugi yang harus dibayar pihak bersengketa, baik yang melibatkan perusahaan maupun kasus-kasus perceraian.

Keputusan pengadilan apa aja yang masuk dalam list termahal di dunia? Untuk mengetahuinya, simak pemaparan Sindonews jaringan MoneySmart dimulai dari angka yang terendah:

10. Universitas Princeton, US$7 juta

Princeton University ( www.princeton.edu)
Princeton University ( www.princeton.edu)

Princeton University merupakan universitas penelitian Ivy League swasta yang berlokasi di New Jersey, AS, dan didirikan pada tahun 1746.

Banyak keluarga kaya telah memberikan kontribusi uang sangat besar kepada universitas ini sejak tahun 1960-an. Sayangnya, uang tersebut tidak dimanfaatkan untuk tujuan benar.

Itu membuat pihak keluarga mahasiswa menuntut Universitas Princeton melayangkan gugatan. Pihak universitas pun diperintahkan membayar US$7 juta, dan mengubah cara penggunaan uang yayasan.

Baca juga: Pantas Kaya! Segini Bayaran Petinju di 6 Pertandingan Termahal Dunia

9. Ashley Alford dan The Aarons, US$95 juta

Merupakan salah satu unit bisnis sewa terkemuka dengan sekitar 2.000 toko di seluruh dunia, termasuk Kanada, Aarons mengkhususkan diri menawarkan barang elektronik sewa, peralatan rumah tangga dan perabotan.

Salah seorang karyawan bernama Ashley Alford, pada suatu waktu, mengaku memiliki masalah dengan pekerjaan dan mendapat pelecehan.

Namun, lantaran beberapa kali mengajukan keluhan ke perusahaan tidak direspon, dia akhirnya mengajukan gugatan ke pengadilan.

Pihak perusahaan akhirnya diminta membayar US$95 juta kepada Ashley sebagai bagian dari penyelesaian masalah tersebut.

Baca juga: Pesta Pernikahan Termahal di Dunia, Salah Satunya Ada yang “Tukang” Baja

8. Bank of America dan George McReynolds, US$160 juta

George McReynolds pada tahun 2005 mengumumkan secara terbuka bahwa Bank of America, yang merupakan anak perusahaan Merrill Lynch membuat diskriminasi antara karyawan Afrika Amerika dan karyawan kulit putih.

Klaim tersebut mengungkapkan, bahwa para karyawan tidak mendapatkan jumlah gaji sama berdasarkan keterampilan serta jenjang karier yang adil di perusahaan.

Setelah dilakukan gugatan, perusahaan sepakat membayar US$160 juta untuk lebih dari 700 karyawan Afrika Amerika yang disebutkan dalam daftar mengalami diskriminasi.

7. Perceraian Michael Jordan, US$168 juta

Perceraian Michael Jordan (Vorply)
Perceraian Michael Jordan (Vorply)

Legenda basket dunia, Michael Jordan yang bercerai dengan istrinya, Juanita Vanoy menjadi penyelesaian perceraian termahal pasangan selebriti. Kedua pasangan itu resmi bercerai pada tahun 2007.

Sesuai perintah pengadilan, Jordan diminta membayar US$168 juta untuk Vanoy selain juga perhiasan serta properti, termasuk rumah.

6. Countrywide Financial Corporation, US$335 juta

Countrywide Financial memberikan contoh buruk kepada masyarakat perbankan, dan komunitas hipotek lainnya atas prasangka mereka terhadap minoritas.

Itu membuat Departemen Kehakiman AS harus campur tangan dan menemukan mereka memungut jumlah yang sangat tinggi untuk lebih dari 200 ribu klien kalangan minoritas.

Countrywide Financial dalam tahap penyelesaian diminta membayar US$335 juta kepada pelanggan.

5. Perceraian Tiger Woods, US$750 juta

Perceraian Tiger Woods (People)
Perceraian Tiger Woods (People)

Selain Michael Jordan, perceraian pegolf Tiger Woods dan istrinya, Elin Nordegren, juga masuk dalam penyelesaian termahal di dunia.

Woods yang menikahi Ellin Nordegren pada tahun 2004 itu digoyang isu perselingkuhan dengan setidaknya 20 perempuan. Isu affair tersebut membuat Wood dan Elin setuju bercerai pada 2010.

Sebagai bagian dari penyelesaian perceraian, pihak pengadilan memerintahkan mantan pegolf nomor satu dunia itu membayar US$750 juta.

4. Perceraian Rupert Murdoch, US$2 miliar

Perceraian dua atlet ternama, Michael Jordan dan Tiger Woods terlah ditahbiskan sebagai penyelesain termahal di dunia.

Selain mereka, raja media Rupert Murdoch yang mengarungi bahtera rumah tangga selama hampir 32 tahun dengan Anna Torv juga menyandang predikat perceraian termahal.

Setelah digoyang isu perselingkuhan, Murdoch dan Anna Torv akhirnya bercerai. Perceraian mereka menjadi penyelesaian termahal di mana Anna menerima aset senilai US$2 miliar bersama sejumlah besar uang lainnya bernilai US$110 juta.

3. Perceraian miliarder Rusia Dmitry Rybolovlev, US$4,5 miliar

Perceraian Dmitry Rybolovlev ( standart.co.uk)
Perceraian Dmitry Rybolovlev ( standart.co.uk)

Usai raja media Rupert Murdoch, miliarder Rusia Dmitry Rybolovlev menduduki posisi ketiga perceraian termahal dalam sejarah pernikahan di dunia.

Dmitry Rybolovlev diketahui memiliki dugaan perselingkuhan setelah menikah dengan sang istri Elena Rybolovlev.

Ketika penyelesaian perceraian tercapai, pengadilan memerintahkan dia membayar kepada mantan istrinya itu sebanyak US$4,5 miliar.

2. Enron Scam Settlement, US$7,2 miliar

Enron Scam Settlement dianggap sebagai salah satu litigasi sekuritas terbesar dalam sejarah Amerika Serikat (AS).

Para investor dan pemegang saham yang telah menghabiskan uang mereka menderita kerugian besar ketika perusahaan energi Enron terlibat dalam skandal keuangan dan bangkrut pada 2001.

Para pemegang saham harus menjalani proses pengadilan selama hampir enam tahun, dan mereka memenuhi syarat untuk mendapatkan US$7,2 miliar sebagai bagian dari penyelesaian yang disetujui pengadilan federal.

1. The Master Tobacco Settlement, US$206 miliar

The Master Tobacco Settlement (Time)
The Master Tobacco Settlement (Time)

Penyelesaian hukum  yang terjadi tahun 1998 ini merupakan salah satu class action terbesar dalam sejarah.

Jaksa Agung di lebih dari 46 negara bagian di AS mengajukan gugatan individu terhadap enam perusahaan tembakau terbesar yang berbasis di AS.

Tuntutan hukum ini diajukan terutama untuk menolak praktik tidak etis serta memulihkan biaya perawatan kesehatan untuk merawat perokok dengan riwayat merokok seumur hidup.

Adapun jumlah penyelesaian gugatan yang disepakati US$206 miliar yang dialokasikan membantu rumah sakit dalam memberikan peningkatan bantuan perawatan kesehatan, dan memulai kampanye anti-merokok untuk 25 tahun pertama perjanjian.

Nah, itulah 10 keputusan pengadilan termahal di dunia yang sampai saat ini masih terus melekat dalam ingatan. (Editor: Chaerunnisa)

Posting Komentar untuk "Keputusan Pengadilan Termahal Sejagat, Salah Satunya Perceraian Miliarder Ini"