Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kekayaannya Ratusan Triliun, Inilah Orang Terkaya yang Punya Klub Sepak Bola

Harus diakui sepak bola menjadi olahraga yang berkembang pesat dibanding olahraga lainnya. Olahraga yang awalnya sekadar hiburan ini kini menjelma jadi mesin pencetak uang. Gak heran kalau beberapa orang terkaya di dunia gelontorkan banyak uang demi memiliki klub sepak bola.

Asal tahu aja nih, dana yang orang-orang terkaya di dunia ini salurkan gak tanggung-tanggung lho besarnya. Mereka bersedia kucurkan jutaan dolar buat klub sepak bola yang mereka miliki.

Alih-alih ditujukan agar dapat untung yang besar, ada juga lho yang melakukannya dengan maksud meningkatkan reputasinya. Malahan ada yang alasannya karena rasa cinta pada klub idolanya.

Penasaran, siapa aja orang-orang terkaya di dunia yang jadi pemilik klub sepak bola? Dikutip dari Sportskeeda, ini dia daftarnya.

Baca juga: Sambil Nunggu Persalinan, Ibu Hamil Bisa Lakukan 5 Ide Usaha Ini dari Rumah

1. Amancio Ortega

Amancio Ortega (Shutterstock).

Di balik popularitasnya sebagai pemilik merek fashion ternama Zara, ternyata Amancio Ortega juga memiliki klub sepak bola lho. Orang terkaya di dunia ini tercatat sebagai pemilik saham Deportivo La Coruna.

Deportivo La Coruna adalah klub sepak bola asal Spanyol yang berdiri tahun 1906. Selama perjalanannya klub ini cuma meraih gelar juara La Liga sebanyak satu kali.

Kabarnya nih alasan Ortega membeli saham Deportivo La Coruna karena kebetulan dirinya tinggal di tempat klub itu berada. Sebagai informasi, kabar terakhir menyebut kekayaan Ortega mencapai US$ 60,7 miliar atau Rp 852 triliun.

2. Carlos Slim Helú

Carlos Slim Helú

Masuk jajaran orang terkaya di dunia, Carlos Slim Helú dikabarkan punya saham di klub sepak bola Meksiko dan Spanyol. Di klub Meksiko ia memiliki saham di C.F. Pachuca dan Club Leon. Sementara di klub Spanyol ia punya saham di Real Oviedo.

Seperti yang pernah diulas MoneySmart sebelumnya, Carlos Slim Helú adalah pemilik dari América Móvil, yaitu perusahaan perusahaan teknologi sekaligus operator jaringan yang terbesar se-Amerika Latin.

Berkat perusahaannya tersebut, Carlos Slim Helú meraih kekayaan hingga US$ 61,8 miliar atau Rp 868 triliun. Namun, berita terakhir mengabarkan harta Helú pada 2018 sempat menyusut sebesar US$ 9,3 miliar atau Rp 135 triliun.

Terus kabar terakhir menyebut orang terkaya di dunia ini melepas kepemilikan sahamnya di klub Meksiko. Carlos Slim Helú sendiri masuk ke bisnis sepak bola sejak tahun 2012.

Baca juga: Pengin Sukses Jawab Pertanyaan Saat Wawancara Kerja? Ini Triknya, Mudah Kok!

3. Francois Pinault

Francois Pinault (Shutterstock).

Dilaporkan memiliki kekayaan hingga US$ 27,6 miliar atau Rp 387 triliun, Francois Pinault adalah pemilik klub sepak bola Prancis, yaitu Stade Rennais. Ia mengakuisisi klub sepak bola tersebut lewat grup usahanya Groupe Artémis.

Groupe Artémis adalah grup usaha yang membawahi usaha-usaha, seperti rumah lelang seni rupa Christie, kilang anggur Château Latour, Le Point, dan Thétre Marigny.

Grup usaha ini juga menjadi pemegang merek barang-barang mewah, seperti Gucci, Saint Laurent, Stella McCartney, Bottega Veneta dan Balenciaga. Gimana gak kaya ya? Usahanya aja usaha barang-barang mewah.

4. Paul Allen

Paul Allen

Dengan kekayaan puluhan miliar dolar, Paul Allen membeli Seattle Sounders yang merupakan klub sepak bola asal Amerika Serikat. Allen memiliki klub sepak bola ini sejak 2007 lewat perusahaannya Vulcan Sports Entertainment.

Paul Allen dikenal karena ia pernah kerja bareng dengan Bill Gates dalam mendirikan Microsoft. Dalam majalah Forbes, ia tercatat memiliki kekayaan US$ 20,3 miliar atau Rp 285 triliun. Paul

Allen sendiri telah wafat di usia 65 tahun pada 2018 yang lalu akibat penyakit kanker.

Baca juga: Pilih Tinggal di Apartemen Superblok atau Tunggal? Kenali dulu Untung Ruginya Ini

5. Lakshmi Mittal

Lakshmi Mittal (Shutterstock).

Selain memiliki usaha produksi baja ArcelorMittal, Lakshmi Mittal juga punya saham klub sepak bola Queens Park Rangers F. C. Jumlah saham yang dimilikinya sebesar 34 persen di klub sepak bola tersebut.

Lakshmi Mittal didapuk menjadi orang terkaya di dunia dengan total kekayaan mencapai US$ 13,7 miliar atau Rp 192 triliun. Gak heran kalau ia bisa masuk daftar orang terkaya dalam majalah Forbes.

Udah tahu kan sekarang siapa aja orang terkaya di dunia yang punya klub-klub sepak bola? Gak cuma motivasi bisnis, mereka juga membeli klub sepak bola tersebut karena pengin menyalurkan hobi juga. Semoga informasi di atas bermanfaat ya! (Editor: Winda Destiana Putri).

Posting Komentar untuk "Kekayaannya Ratusan Triliun, Inilah Orang Terkaya yang Punya Klub Sepak Bola"