Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menilik Penyebab Kerusakan Pada Komputer

Kalau anda memiliki komputer/pc di rumah mungkin saja mengalami error atau mati total komputer anda, dan anda tidak tahu apa penyebab kok tiba-tiba komputer anda tidak sanggup dioperasikan, bagaimana solusinya? Tapi biar saja tidak terjadi pada komputer anda. Banyak insiden dari komputer yang tiba-tiba tidak sanggup berfungsi sebagaimana mestinya, menyerupai komputer tidak sanggup menampilkan gambar (blank) atau tiba-tiba restart sendiri atau tidak sanggup booting atau terdengar suara beep, beep, beep dan lain-lain.



Nah sebelum anda membawa ke kawasan service komputer, alangkah baiknya anda periksa dan anda pelajari terlebih dahulu apa penyebabnya. Dengan melaksanakan pengecekan nantinya anda akan menerima pengalaman tersendiri dalam hal kerusakan komputer.

Langkah Awal Cara Cek Kerusakan Komputer :

1. Cek Pada Monitor
Periksa pada lampu indikator monitor (hidup apa tidak) dan coba juga anda lepaskan kabel VGA monitor, kalau pada monitor ada goresan pena No Signal Detected, maka sudah terperinci komputer anda rusak.

2. Cek Pada Power Supply
Power supply tempatnya di dalam CPU, jadi silahkan buka casingnya, kalau sudah terbuka kemudian coba tekan tombol power untuk menghidupkan komputer. Apabila lampu indikator motherboard masih hidup dan kipas di processor masih berputar, maka power supply masih normal.

Nah untuk langkah selanjutnya coba anda bersihkan semua komponen yang ada di motherboard dengan kuas dan electrical contact cleaner, biasanya komponen-komponen yang melekat di motherboard berbagai abu atau sarang laba-laba. Lepaskan komponen penting menyerupai RAM, Processor untuk dibersihkan dari debu, juga pada kipas/fan processor yang banyak terdapat debu. Kalau dirasa sudah higienis semua, selanjutnya anda pasang lagi komponen yang ada copot tadi.

Langkah mendiagnosa kerusakan pada komputer :

Pada umumnya komputer mengalami persoalan menyerupai :
1. Komputer tidak sanggup booting, hal ini disebabkan mungkin lantaran cara memasang kabel harddisk yang kurang sempurna / tidak pas.

2. Komputer berbunyi beep, hal ini disebabkan lantaran cara memasang RAM dan VGA Card yang kurang sempurna atau memang sudah rusak lantaran sering bongkar pasang RAM (elemen dari RAM habis/lepas).

3. Karena tegangan listrik sering turun / anjlok sanggup juga sebagai penyebab rusaknya komputer khususnya kerusakan pada motherboard.

4. Kalau komputer mati total dan layar blank, kemungkinan lantaran RAM dan VGA Card yang rusak dan kalau sudah diganti dengan keduanya masih juga belum normal maka kerusakan terperinci pada serpihan motherboard atau juga lantaran processor yang rusak.

Posting Komentar untuk "Cara Menilik Penyebab Kerusakan Pada Komputer"