Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Belajar 5 Kisah Sukses Sean Miyashiro, Sosok yang Besarkan Rich Brian

Kamu pasti tahu dong Rich Brian? Tapi, jika menyebut nama Sean Miyashiro, bisa jadi kamu gak ngeh. Siapakah dia?

Secara singkat, Sean Miyashiro merupakan orang di balik kesuksesan Rich Brian, beberapa waktu ini. Selain Rich Brian aja, banyak rapper dan penyanyi Asia yang kini mulai berkiprah di Amerika Serikat juga berkat tangan dingin Sean Miyashiro.

Bisa dibilang Sean berhasil menggebrak pakem yang udah ada di dunia musik. Pasalnya, cukup sulit buat musisi Asia menembus pasar Amerika atau dikenal dunia. Namun, lewat Rich Brian, Joji, dan banyak lagi artis di bawah 88Rising, hal tersebut terpatahkan.

88Rising yang didirikan Sean pada tahun 2015 sukses menyedot perhatian penikmat musik dari seluruh dunia. Apalagi, YouTube kini lebih mempermudah mendistribusikan musik.

Asal tahu aja, perusahaan tersebut kini punya valuasi senilai US$ 20 juta atau setara Rp 282 miliar. Angka cukup fantastis buat ukuran startup yang baru memulai beberapa tahun lalu.

Dari Sean Miyashiro bisa viral sedunia ini, kamu bisa temukan beberapa pelajaran penting. Apa aja. Yuk, simak di sini:

1. Bukan sekadar perusahaan rekaman

Sean Miyashiro (Bloomberg)
Sean Miyashiro (Bloomberg)

88rising bukanlah perusahaan rekaman, lho. Justru perusahaan yang berbasis di New York tersebut awalnya adalah media entertainment.

“Perusahaan rekaman bukanlah bagian inti dari bisnis kami, tetapi bagian dari 88rising,” kata  Miyashiro dikutip dari laman Wikipedia.

Metode ini cukup bagus karena mereka bisa mendulang penghasilan bukan cuma dari rekaman musik aja.

Pasalnya, sang artis biasanya bukan cuma bermusik, sisi-sisi kehidupan mereka yang lainnya disukai pasar. Sehingga, mereka bisa berkreasi dengan hal tersebut.

Baca juga:

Dari Bank Kini Jualan Baju, Anak Muda Pendiri Startup Ini Masuk Forbes

2. Gunakan teknologi buat mencari bintang dan membesarkan mereka

Sean Miyashiro (IG 88rising)
Sean Miyashiro (IG 88rising)

Pria berdarah Jepang-Korea ini punya cara kekinian untuk menyemarakkan 88Rising. Yap! Mereka menggunakan internet buat cari bintang dan membesarkan mereka.

Perusahaan yang dulunya bernama CXSHXNLY ini awalnya membesarkan rapper asal Korea Selatan Keith Ape. Dari situ, mereka kemudian menggandeng bintang-bintang YouTube lainnya, seperti Rich Brian dan Keith Ape.

Ternyata 88Rising gak salah pilih sih. Pasalnya, artis-artis yang disebutkan tersebut emang sukses menyedot perhatian penonton YouTube. Misalnya, video lagu Glow Like That milik Rich Brian yang diunggah di laman 88Rising meraih 65 juta views.

Selain mencari calon bintang dari internet, 88Rising juga sangat aktif di internet, termasuk media sosial.

Baca juga:

Sosok Ini di Balik Kesuksesan JKT48 Masih Eksis dan Punya Fans Fanatik

3. Berani mendobrak pakem umum soal musisi yang go-International

Sean Miyashiro (IG 88rising)
Sean Miyashiro (IG 88rising)

Yang pasti, satu hal paling diingat dari 88Riisng dan pendirinya merupakan keberanian mereka mendobrak tradisi.

Sebab, biasanya musisi yang bisa dikenal dunia adalah berasal dari negara adidaya. Namun, kali ini 88Rising berani “menjual” musisi Asia ke pasar Barat.

Padahal, asal tahu aja, isu rasisme masih sangat kencang di negara-negara barat. Akan tetapi, Sean Miyashiro malah berani-beraninya mengangkat musisi Asia buat jadi rapper pula!

Kamu bisa tiru ini kalau pengin sukses. Dalam berbisnis, kadang kala biar kamu bisa stand-out di antara kompetitor, kamu harus berani berbeda. Kalau sama aja, ya kamu gak bakal terlihat.

Meski kadang kala jadi berbeda, bisa mengundang sindiran dari masyarakat. Namun, hal tersebut bisa terjadi karena masyarakat belum terbiasa aja. Lama-kelamaan apa yang kamu tawarkan bila emang berguna pasti perlahan-lahan mulai diterima.

Bagaimana, berani tiru cara Sean Miyashiro yang cukup kontroversial ini? (Editor: Chaerunnisa)

Posting Komentar untuk "Belajar 5 Kisah Sukses Sean Miyashiro, Sosok yang Besarkan Rich Brian"