Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sama seperti di Foto Surat Suara! Begini Penampilan Capres dan Cawapres di Debat Perdana

Debat capres perdana yang diselenggarakan KPU di Hotel Bidakara, Pancoran, Jakarta Selatan, Kamis (17/1/2019) telah berlangsung. Selain penampilan kedua calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres), outtif mereka juga turut menjadi sorotan.

Dalam debat capres edisi pertama ini, kedua pasangan calon adu gagasan soal hukum dan hak asasi manusia (HAM), korupsi, dan pemberantasan terorisme. Debat capres ini dipandu oleh presenter Ira Koesno dan Imam Priyono.

Baik pasangan Jokowi-Ma’ruf dan Prabowo-Sandi menyampaikan visi dan misi untuk membuka debat capres 2019 itu.

Debat capres 2019 (YouTube)
Debat capres 2019 (YouTube)

Keduanya pun kemudian memasuki sesi pertanyaan kemudian masing-masing diminta untuk saling menanggapi. Pertanyaan yang diajukan kepada pasangan capres-cawapres ini berkaitan dengan tema yang telah ditetapkan.

Dalam debat capres perdana ini, pernyataan dari kedua kandidat capres-cawapres menjadi hal yang paling ditunggu publik.

Pernyataan-pernyataan itupun akan menjadi acuan bagi para pemilih untuk menentukan pilihan mereka. Karena itu, masing-masing calon semestinya memberikan pernyataan dan gagasan yang meyakinkan selama debat berlangsung.

Selain penampilan mereka dalam menyampaikan visi misi di debat tersebut, outfit yang dikenakan oleh pasangan nomor urut 1, yakni Jokowi dan KH. Ma’ruf Amin, serta pasangan nomor urut 2 yaitu Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno turut menarik perhatian.

Dua pasangan capres dan cawapres tampil dengan gaya menyerupai foto di surat suara di debat putaran pertama yang diselenggarakan KPU.

Penasaran seperti apa? Yuk, simak rangkuman MoneySmart di bawah ini:

Jokowi dan KH. Ma’ruf Amin

Jokowi dan Ma'ruf Amin (Instagram/@sandiuno)
Jokowi dan Ma’ruf Amin (Instagram/@sandiuno)

Pasangan nomor urut satu, Jokowi dan Ma’ruf Amin hadir dengan menggunakan busana berwarna putih lengkap dengan peci hitam seperti pada foto di surat suara.

Hanya untuk baju, pada debat Jokowi tampil dengan kemeja putih panjang. Sementara Ma’ruf Amin mengenakan baju koko putih yang ditambahkan syal warna senada.

Untuk melengkapi penampilannya, kakek Jan Ethes dan Sedah Mirah Nasution itu menggunakan celana hitam dengan sepatu pantofel.

Sedangkan Ma’ruf Amin menggunakan sarung cokelat dengan motif batik, dan sepatu pantofel hitam.

Baca juga: Pilpres Makin Dekat, Dana Kampanye Jokowi dan Prabowo Dirilis KPU 

Prabowo dan Sandiaga Uno

Prabowo dan Sandiaga Uno dalam debat capres perdana (Instagram/@sandiuno)
Prabowo dan Sandiaga Uno dalam debat capres perdana (Instagram/@sandiuno)

Sementara itu, pasangan nomor urut 2, yaitu Prabowo dan Sandiaga Uno tampil kompak dengan setelan jas hitam.

Untuk melengkapi jas, mereka menggunakan kemeja putih dan dasi berwarna merah sama seperti di surat suara.

Untuk model jas, Sandiaga Uno menggunakan jas dengan dua kancing di bagian depan. Sedangkan Prabowo menggunakan model double breasted dengan enam kancing di bagian depan.

Seperti halnya Jokowi dan Ma’ruf Amin, kedua pasangan ini juga memakai peci hitam.

Baca juga: Ira Koesno Mantan Akuntan yang Sering Jadi Moderator Debat Pilpres

Pembawaan saat debat

Kedua pasangan bersalaman usai debat (Instagram/@sandiuno)
Kedua pasangan bersalaman usai debat (Instagram/@sandiuno)

Ada perubahan gaya dari Jokowi dan Prabowo dalam debat perdana kali ini. Jokowi yang biasanya santai jadi lebih tegas, sementara Prabowo jadi lebih kalem.

Para kandidat punya cara yang berbeda dalam menegaskan suatu argumen. Prabowo cenderung mengekspresikannya lewat gerak tangan menunjuk-nunjuk, sedangkan Jokowi menandakannya dengan mengulang-ngulang kata tersebut.

Dari gaya verbal, Jokowi banyak menyajikan data saat berargumen. Sementara pesaingnya, Prabowo-Sandi dinilai lebih banyak mengutarakan soal persepsi ketimbang data.

Usai memberikan pernyataan penutup, Jokowi menggulung lengan baju. Suami Iriana Joko Widodo itu juga menolak tawaran untuk menghabiskan jatah bicaranya yang masih tersisa.

Monica Kumalasari, pakar bahasa tubuh atau gestur tubuh berbasis sains yang mendapat lisensi dari Paul Ekman mengungkapkan, gesture tubuh yang ditunjukkan Jokowi itu menyiratkan keinginannya untuk segera melanjutkan pekerjaan.

Kedua kubu, meski dipersilakan untuk memberikan kata-kata penutup “menyejukkan” untuk mengapresiasi pesaing, memilih untuk tidak saling memuji.

Namun, suasana dingin itu kembali menghangat ketika debat usai, di mana Jokowi berjalan lebih dulu ke arah Prabowo dan mereka saling berpelukan.

Itu dia outfit yang dikenakan dua pasang capres dan cawapres saat penampilan perdana mereka dalam debat pilpres.

Kita nantikan kembali penampilan kedua calon pasangan capres dan cawapres dalam debat pilpres tahap kedua akan digelar Minggu, 17 Februari 2019.

Mereka akan tampil dengan tema energi dan pangan, sumber daya alam dan lingkungan hidup. Sesuai jadwal, debat ini disiarkan oleh RCTI, GTV, MNC TV, dan INews TV.

Posting Komentar untuk "Sama seperti di Foto Surat Suara! Begini Penampilan Capres dan Cawapres di Debat Perdana"