Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Punya Alphard dan Camry Tahun Lama, Berapa Total Kekayaan Taufik Kurniawan?

KPK on fire! Kenapa? Ya karena lagi-lagi ada pejabat yang mereka jadikan tersangka atas dugaan suap. Kali ini bukan dari kalangan kepala daerah, melainkan dari lembaga legislatif, Dewan Perwakilan Rakyat (DPR). Orang itu adalah Wakil Ketua DPR Taufik Kurniawan.

Ibarat harimau kelaparan, Komisi Pemberantasan Korupsi kayaknya lagi garang-garangnya nih. Belum lama mereka menangkap Bupati Bekasi dan Bupati Cirebon, eh sekarang ada wakil rakyat yang dijerat.

Dilansir dari Kompas, Selasa 30 Oktober 2018, KPK menetapkan status Taufik Kurniawan sebagai tersangka penerima suap dalam kasus dugaan korupsi Dana Alokasi Khusus (DAK) untuk Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. Semua berawal usai dilantiknya M Yahya Fuad jadi Bupati Kebumen tahun 2016 silam.

Nah, gak lama setelah menjabat, ia melobi sejumlah pihak termasuk Taufik, untuk mengurus DAK tadi yang nilainya mencapai Rp 100 miliar dengan fee kepengurusan diduga sebesar 5 persen. Singkat cerita, Kebumen menerima Rp 93,37 miliar, sedangkan Taufik Kurniawan diduga dapat Rp 3,65 miliar.

Sang bupati sendiri, sudah divonis 4 tahun penjara pada 23 Oktober lalu. Kini, tinggal Taufik yang menanti proses persidangan menyusul penetapan tersangka oleh KPK.

Lalu siapakah Taufik? Gak terlalu banyak informasi pribadi soal dirinya. Lelaki kelahiran Semarang, 22 November 1967 ini sudah berkantor di Gedung Kura-Kura sejak tahun 2009, pada masa pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Politisi PAN ini kini jadi wakil ketua DPR yang berperan sebagai Koordinator Bidang Ekonomi dan Keuangan ( KOREKKU ) yang membidangi ruang lingkup tugas Komisi XI dan Badan Anggaran. Melihat laporan harta Taufik di KPK, sebenarnya kekayaan Taufik gak sebesar wakil ketua DPR lain. Jangankan dibandingkan dengan Fadli Zon yang punya kekayaan Rp 29,8 miliar, harta Taufik gak sebanyak Fahri Hamzah yang diketahui sebesar Rp 7,5 miliar.

Ya, berdasarkan laporan harta kekayaan pejabat negara (LHKPN) yang disampaikan pada tahun 2014 silam, total harta kekayaan Taufik Kurniawan cuma Rp 4.005.535.000 saja. Memang sih, kekayaan Taufik bertambah sebesar sekitar Rp 1,9 miliar dari tahun 2010.

Lalu, dalam bentuk apa saja sih kekayaan politisi Partai Amanat Nasional (PAN) ini? Simak ulasannya berikut ini.

Tanah dan bangunan

Wakil Ketua DPR Taufik Kurniawan. (Instagram/@amanatnasional)
Wakil Ketua DPR Taufik Kurniawan. (Instagram/@amanatnasional)

Dari LHKPN tahun 2014, diketahui bahwa Taufik memiliki sebidang tanah seluas 500 meter persegi dengan bangunan di atasnya seluas 650 meter persegi. Tanah dan bangunan yang terletak di Kota Semarang, Jawa Tengah itu, pada tahun 2010 bernilai Rp 980.200.000, dan pada November 2014 meningkat nilainya jadi Rp 2.725.000.000.

Ya jelas aja meningkat. Lha wong namanya tanah dan properti itu kan harganya meningkat terus tiap tahun.

Makannya, gak ada salahnya kalau kamu mengalokasikan sebagian uangmu untuk investasi properti. Tentunya, alokasikan juga ke investasi yang lain ya.

Kendaraan Taufik Kurniawan

Wakil Ketua DPR Taufik Kurniawan. (Instagram/@kabar3dotcom)
Wakil Ketua DPR Taufik Kurniawan. (Instagram/@kabar3dotcom)

Pada tahun 2014, Taufik Kurniawan juga tercatat memiliki harta bergerak berupa alat transportasi senilai Rp 715 juta. Nilainya menurun Rp 85 juta dari 4 tahun sebelumnya.

Ya, yang namanya kendaraan pastinya nilainya akan menurun terus. Kecuali kalau kendaraan klasik yang termasuk barang koleksi lho.

Taufik diketahui memiliki satu unit Toyota Kijang Innova bikinan tahun 2005, Toyota Alphard keluaran 2007, dan Toyota Camry pabrikan 2006. Sebenarnya, pada laporan 4 tahun sebelumnya, Taufik punya empat mobil lain seperti Honda City, Honda Civic, Toyota Soluna, dan Toyota Corolla. Namun, semuanya sudah dijual.

Barang bergerak lain

Taufik juga tercatat memiliki logam mulia bernilai Rp 137 juta, barang-barang seni dan antik senilai Rp 100 juta, dan benda bergerak lainnya yang gak dirinci senilai Rp 328.535.000.

Asal kamu tahu nih, logam mulia juga instrumen investasi yang cukup menjanjikan untuk jangka panjang lho. Gak ada salahnya kamu meniru langkah Taufik buat menyimpan logam mulia mulai sekarang.

Kelak, kalau kamu udah membutuhkan dana untuk keluarga atau pendidikan anak, kamu bisa jual logam mulia yang tentu nilainya udah jauh lebih besar ketimbang sekarang.

Taufik juga memiliki giro dan harta setara kas senilai US$ 5.000. Jadi, total harta kekayaan yang ia miliki mencapai Rp 4.005.535.000 dan giro dalam Dolar tadi.

Posting Komentar untuk "Punya Alphard dan Camry Tahun Lama, Berapa Total Kekayaan Taufik Kurniawan?"