Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jaga Baik-Baik Paklaring Kamu! Ini 5 Fungsinya yang Sangat Vital

Paklaring sering mengacu pada istilah surat keterangan bekerja atau surat pengalaman bekerja. Fungsi paklaring kerja ternyata bukan cuma sebagai penanda pernah bekerja di suatu perusahaan, tapi juga akan diperlukan untuk karier dan mendapatkan uang.

Buat yang belum begitu tahu, mungkin kamu menganggap sepele fungsi paklaring kerja. Biasanya, mereka yang masih minim pengalaman kerja, gak pernah terpikir mengenai surat keterangan tersebut.

Surat “sakral” satu ini mencantumkan data diri kamu. Kemudian, bakal disebutkan kamu pernah bekerja di perusahaan tertentu. Di situ kamu perlu memerhatikan surat keterangan tersebut ternyata berpengaruh besar.

Kamu harus tahu bahwa fungsi paklaring kerja harus kamu lampirkan ke dalam berbagai keperluan. Bahkan, tanpa paklaring tersebut, kamu gak bakal bisa memperoleh hak kamu. Apa itu?

Yuk, simak fungsi paklaring kerja berikut ini:

1. Buat BPJS Ketenagakerjaan

Fungsi paklaring untuk BPJS Ketenagakerjaan
Fungsi paklaring untuk BPJS Ketenagakerjaan

Ini dia yang paling penting, yaitu buat cairkan JHT (Jaminan Hari Tua) dari BPJS Ketenagakerjaan. Baik mencairkan seluruhnya dan cairkan 10 persen atau 30 persen, kamu perlu paklaring.

Salah satu syarat dokumen yang harus dilampirkan saat mau menarik dana JHT tersebut adalah surat keterangan bekerja. Tentu aja yang udah dilegalisir serta harus ditunjukkan aslinya selain fotokopi.

Jadi, mulai sekarang jaga ya dokumen penting ini!

Baca juga: Apa Sih Paklaring yang Jadi Syarat Wajib Klaim BPJS Ketenagakerjaan?

2. Melamar pekerjaan

Fungsi paklaring untuk melamar kerja
Fungsi paklaring untuk melamar kerja

Buat beberapa perusahaan, kamu bakal dimintai paklaring saat kamu kirim CV atau setelah wawancara. Fungsi paklaring kerja buat melamar kerja adalah sebagai bukti bahwa benar kamu pernah bekerja di perusahaan yang kamu sebutkan.

Emang sih gak semua perusahaan bakal meminta dokumen paklaring. Namun, sebagian besar pelamar yang punya posisi supervisor ke atas bakal dimintai dokumen ini sebagai bukti.

Duh, jangan sampai gak jadi naik jabatan di kantor baru gara-gara gak ada paklaring nih!

Baca juga: Sepele tapi Penting, Ini Contoh Surat Resign Karyawan Teladan

3. Beasiswa jalur profesional

Fungsi paklaring untuk beasiswa
Fungsi paklaring untuk beasiswa

Kamu yang masih mau melanjutkan studi ke universitas tertentu dengan beasiswa, kamu bisa gunakan beasiswa jalur profesional. Jadi, kamu yang bekerja pun masih punya kesempatan.

Nah, biasanya pemberi beasiswa ini berasal dari pemerintah atau pihak swasta. Kemudian, ada pula dari pemerintah asing. Biasanya buat kamu yang mau lanjutkan studi S2, doktoral, atau master.

Buat bisa melamar beasiswa jalur profesional, kamu biasanya bakal diminta melengkapi dokumen. Termasuk salah satunya adalah paklaring kerja. Gak cuma itu, kamu pun bakal dimintai referensi dari atasan kamu.

4. Ajukan pinjaman bank

Fungsi paklaring untuk ajukan pinjaman bank
Fungsi paklaring untuk ajukan pinjaman bank

Biasanya pinjaman bank seperti KTA (Kredit Tanpa Agunan), KKB (Kredit Kendaraan Bermotor), dan KPR (Kredit Pemilikan Rumah) mensyaratkan status karyawan.

Hal ini jadi jaminan bahwa calon debitur tersebut punya penghasilan tetap. Dengan begitu, dia bisa diharapkan bisa bayar cicilan.

Nah, buat buktikan bahwa calon debitur emang bekerja maka diperlukan surat keterangan bekerja alias paklaring. Dokumen tersebut bisa jadi pendukung selain slip gaji.

5. Pengajuan kartu kredit

Fungsi paklaring untuk mengajukan kartu kredit
Fungsi paklaring untuk mengajukan kartu kredit

Hampir sama dengan pengajuan pinjaman ke bank, pengajuan kartu kredit juga butuh surat keterangan bekerja.

Sama seperti meminjam ke bank, fungsi paklaring kerja sebagai penanda bahwa calon pemegang kartu kredit tersebut sanggup buat bayar tagihan per bulan.

Jadi, sekarang udah paham kegunaan paklaring kerja, bukan?

Mulai sekarang saat kamu masih bekerja ataupun udah resign, pastikan kamu memiliki surat keterangan bekerja alias paklaring. Dokumen ini terlihat sepele tetapi nyatanya bakal berpengaruh buat karier dan kantong kamu.

Biasanya paklaring tersebut terdiri atas informasi: nama lengkap karyawan, nomor induk karyawan, jabatan dan lokasi kerja, serta masa kerja.

Kemudian, surat tersebut bakal dibubuhi tanda tangan HRD serta stempel perusahaan. Kamu bisa meminta surat ini ke pihak HRD perusahaan kamu bekerja.

Yang pasti, selain sebagai syarat administratif yang udah disebutkan, fungsi paklaring kerja juga jadi prestise. Apalagi buat kamu yang pernah bekerja di perusahaan ternama, tentu kamu bangga banget, kan? (Editor: Chaerunnisa)

Posting Komentar untuk "Jaga Baik-Baik Paklaring Kamu! Ini 5 Fungsinya yang Sangat Vital"