Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Hore! Tarif Baru 6 Ruas Tol Trans Jawa Ada Diskonnya!

Sebagian besar wilayah Pulau Jawa telah tersambung oleh jalan bebas hambatan atau yang lebih dikenal Tol Trans Jawa. Tol Trans Jawa yang pembangunannya dimulai sejak rezim Soeharto itu menghubungkan Jakarta hingga Surabaya akhirnya rampung.

Tinggal beberapa pengerjaan lagi hingga menuntaskan jalur Merak – Banyuwangi. Tol Trans Jawa Jakarta – Surabaya tersambung 20 Desember 2018 lalu. Ditandai dengan peresmian 6 ruas tol baru oleh Presiden Joko Widodo.

Buat Ruas Ngawi – Kertosono, Gempo – Pasuruan, Porong – Gempol, Pemalang – Batang, Batang – Semarang, dan Semarang – Solo yang akhirnya diresmikan. Dengan dibukanya ruas tol ini, jarak tempuh Jakarta ke Surabaya diyakini hanya ditempuh dalam waktu 10 jam aja.

Dalam rangka promosi dan kelancaran mudik Natal tahun baru, kala itu belum diberlakukan biaya buat 6 ruas tol baru itu allias masih gratis.

Baca juga: Wah! Keberadaan Tol Trans Jawa Dianggap Merebut Hati Penumpang Pesawat

Tapi kini, per tanggal 21 Januari 2019 pukul 00.00 WIB, ruas tol tersebut udah dikenakan tarif. Besaran tarifnya pun disesuaikan berdasarkan Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat tanggal 14 Januari 2019.

Tarif untuk Golongan I

Golongan I mengacu pada kendaraan-kendaraan berukuran kecil, termasuk mobil pribadi. Sedan, jip, pick up, truk kecil dan bus. Dikutip dari laman resmi Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, tarif buat Golongan I enam ruas Tol Trans Jawa itu bervariasi. Berdasarkan Keputusan Menteri PU PR inilah tarifnya

  • Ngawi – Kertosono : Rp 88 ribu
  • Gempol – Pasuruan : Rp 36 ribu
  • Kejapanan – Porong : Rp 3 ribu
  • Porong – Kejapanan : Rp 6 ribu
  • Pemalang – Batang : Rp 39 ribu
  • Batang – Semarang : Rp 75 ribu
  • Semarang – Solo : Rp 65 ribu

Perhitungan tarif jalan Tol Trans Jawa ini disesuaikan dengan batasan maksimal Rp 1.000 per km. Buat kendaraan yang masuk kategori Golongan II dan III dikenakan biaya 1,5 kali lebih mahal dari Golongan I. Sementara Golongan IV dan V harganya 2 kali dari Golongan I.

Baca juga: Libur Nataru, Jokowi Gratiskan 4 Ruas Tol Trans Jawa Ini

Ada harga diskon buat pengguna Tol Trans Jawa dua bulan ke depan

Ada harga diskon buat pengguna Tol Trans Jawa dua bulan ke depan, (Ilustrasi/Shutterstock).

Masih dalam rangka sosialisasi, dikutip dari laman resmi Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, pemerintah memberlakukan diskon 15 persen selama dua bulan ke depan.

Wah! Dengan tarif segitu, kamu yang bakal menggunakan jalan Tol Trans Jawa ini masih bisa menikmati diskon lho buat dua bulan ke depan. Tapi hanya berlaku buat pengguna tol jarak jauh. Hanya kluster Palimanan – Semarang, Semarang – Surabaya, dan Gempol – Grati yang bakal mendapatkan diskon.

Tol Trans Jawa ini diyakini mampu memberikan banyak manfaat. Mempercepat mobilisasi angkutan manusia, juga meningkatkan pendistribusian barang dan jasa. Biaya angkutan logistik juga jadi menurun, jadi daya saingnya meningkat deh.

Baca juga: Sebelum Mudik, Cek Tarif Tol 2018 untuk Pulau Jawa Ini

Selain itu, rest area di sepanjang Tol Trans Jawa juga dimanfaatkan oleh para usaha kecil buat menjual barang dagangan mereka ke pengguna jalan tol ini, jadi para pelaku usaha bisa mendapatkan keuntungan yang lebih, apalagi ketika musim mudik tiba.

Ekonomi daerah-daerah yang dilewati pun juga bisa ikutan kedongkrak, khususnya dari sektor pariwisatanya. (Editor: Mahardian Prawira Bhisma). 

Posting Komentar untuk "Hore! Tarif Baru 6 Ruas Tol Trans Jawa Ada Diskonnya!"