Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Meningkatkan Performa Penyimpanan Data Di Windows

Siapa sih yang tidak ingin punya komputer dengan performa yang bagus? Rasanya di periode modern ini sudah banyak teknologi yang mempunyai performa tinggi dan sanggup dengan gampang didapatkan. Salah satunya yaitu teknologi penyimpanan data yang sanggup mengatur kecepatan penyimpanannya. Nah di edisi kali ini, kita akan membahas tip memanfaatkan Disk Write Caching di Windows 7 yang sanggup mempunyai kegunaan untuk meningkatkan performa penyimpanan data.

Mengenal Disk Write Caching
Disk Write Caching merupakan fitur yang meningkatkan performa sistem dengan menyediakan write caching pada sebuah device. Kelebihannya yaitu aplikasi sanggup berjalan lebih cepat alasannya yaitu pada prosesnya aplikasi sanggup terus berjalan tanpa perlu menunggu penulisan data dituliskan pada disk.

Misalkan kita mempunyai file yang akan ditulis pada disk. Ketika kita menyimpannya, Windows akan menciptakan catatan bahwa kita ingin menyimpan file ke dalam hard drive. Informasi ini sementara akan disimpan pada memori Windows dan akan menuliskan file pada hard drive nanti. Setelah file benar-benar ditulis pada hard drive, maka cache akan mengabarkan pada windows bahwa file sudah ditulis ke hard drive dan file pada cache sanggup dihapus dengan aman.

Disk Write Caching Melalui Explorer
Biasanya fitur Disk Write Caching sudah aktif secara default, tapi bila kita merasa belum mengaktifkannya maka fitur tersebut sanggup diaktifkan dengan cara berikut:

1. Buka drive komputer melalui Windows Explorer, kemudian klik kanan pada partisi dan pilih properties.
Akan terbuka jendela properties drive sesuai dengan partisi yang kita pilih. Bukalah tab Hardware dan pilih tombol properties.
2. Akan terbuka jendela properties drive sesuai dengan partisi yang kita pilih. Bukalah tab Hardware dan pilih tombol properties.



3. Navigasikan ke tab Policies dan beri tanda centang pada bab Enable write caching on the device.


4. Klik OK untuk mengakhiri konfigurasi.

Disk Write Caching melalui Device Manager
Disk write caching ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan performa penulisan data pada drive. Maka dikala performa komputer terasa lambat, cobalah menyidik apakah fitur ini sudah aktif atau belum. Semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Cara Meningkatkan Performa Penyimpanan Data Di Windows"