Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memakai Symlink Di Linux

Ada suatu cara yang sanggup dipakai untuk mempermudah pengaksesan folder atau file dalam suatu direktori. Cara tersebut ialah penggunaan symbolic link atau disingkat symlink. Hampir sama menyerupai shortcut tapi dengan prosedur yang sedikit berbeda. Pada edisi kali ini kita akan berkenalan lebih erat dengan symlink dan penerapannya pada distro Linux.

Apa itu Symbolic link?
Symbolic link atau symlink merupakan file dengan tipe khusus yang berisi rujukan kepada file lain atau direktori dalam bentuk absolute path atau relative path. Ada dua bentuk symlink: hard dan soft. Soft symlink intinya hampir sama dengan shortcut. Ketika kita membuka soft link, kita akan diarahkan ke folder daerah file tolong-menolong disimpan. Sedangkan hard link, file atau folder yang dimaksud muncul di lokasi hard link seolah-olah file tersebut berada di lokasi yang sama dengan hard link. Informasi lebih lengkap perihal symlink sanggup kita baca di Wikipedia perihal symbolic link.

Manfaat Symbolic Link
Beberapa manfaat yang sanggup kita dapatkan dari penggunaan symbolic link ialah sebagai berikut:
  • Memudahkan pengaksesan file penting dari banyak sekali lokasi direktori.
  • Efisiensi dalam pengelolaan data.
  • Menghemat ruang hard disk alasannya ialah tidak perlu meng-copy file dari lokasi asal ke lokasi yang lebih gampang di akses.

Menggunakan Symbolic Link di Distro Linux
Linux sendiri sudah mengikutsertakan symlink di dalamnya sehingga tidak perlu lagi melaksanakan instalasi aplikasi terkait symlink. Symlink sanggup dibentuk dengan perintah di terminal dan percobaan kali ini aku memakai Ubuntu 12.04. Perintah symlink ini juga sanggup diterapkan pada distro lainnya.

Bentuk perintah umumnya ialah sebagai berikut: ln -s folder_path link_path

Misalkan kita ingin menciptakan symlink folder Pictures pada folder Desktop. Perintahnya menjadi sebagai berikut:


ln -s /home/username/Pictures/ /home/username/Desktop/

Ganti username dalam path dengan username milik Anda dan kita sudah berhasil menciptakan symlink untuk folder Pictures. Pada direktori Desktop terlihat sebuah symlink yang merujuk pada direktori Pictures.


Folder tersebut berisi kumpulan file yang sama dengan folder Pictures di direktori aslinya.


Menghapus Symbolic Link
Untuk menghapus symlink yang telah dibuat, cukup gunakan salah satu dari perintah di bawah ini.

rm link_path
unlink link_path

Misalkan kita akan menghapus symlink Pictures pada direktori desktop tadi, maka perintahnya menjadi sebagai berikut: unlink /home/username/Desktop/Pictures


Catatan :
jangan menciptakan symlink dalam symlink yang sudah ada alasannya ialah sanggup menimbulkan loop yang memungkinkan untuk munculnya duduk kasus sistem. Terlepas dari itu, symlink sanggup menjadi salah satu metode pengelolaan data yang baik di distro Linux. Semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Cara Memakai Symlink Di Linux"