Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tutorial Cara Menciptakan Pcb Di Rumah (Part 1)

Anda yang merasa sebagai pegila dunia elektronika, niscaya mengenal istilah PCB (printed circuit board) atau istilah gampangnya papan rangkaian. Untuk kalangan profesional tidak jadi duduk masalah untuk membuat sebuah PCB yang elok dan sesuai impian rangkaian elektroniknya.

Yang sudah jago mereka tanpa berpikir ulang untuk membuat sebuah PCB sesuai keinginan, dengan cepat mereka desain layout lalu proses pembuatan pcb. Selesai!

Tetapi untuk yang gres mengenal dunia elektronik terlebih orang awam niscaya galau memulai membuat PCB dari bab mana dulu dan ibarat apa caranya. Tentu saja di pasaran sudah tersedia beberapa produk  PCB siap pakai

1. (PCB dot matrix). PCB ukuran 10x20 cm berlubang kecil-kecil sesuai ukuran kaki IC. Penggunaannya cukup mudah circuit tinggal di hubungkan sendiri-sendiri memakai kabel, ibarat gambar rangkaian di gambar. Selesai


2. Project board/ white board, PCB ibarat ini sangat cocok sekali untuk pertama kali mencar ilmu mengenal elektronik dan hanya dapat diterapkan untuk circuit yang sederhana saja, untuk rangkaian yang komplek sangt tidak dianjurkan sekali berdasarkan saya, lantaran akan aneka macam kabel/ jumper.


3. Jumper langsung, penggunaan yang cukup praktis, antar kaki komponen pribadi di hubungkan tanpa PCB dan sedikit kabel, bentuk rangkaiannya pun akan menjadi tidak beraturan. Sangat tidak baik untuk rangkaian yang memakai arus dan tegangan tinggi ibarat 220VAC (kecuaki ada isolator yang baik), rangkaian oscilator frekuensi, beberapa audio.

Setelah klarifikasi singkat wacana mengenal PCB akan dijelaskan cara membuat PCB.


Posting Komentar untuk "Tutorial Cara Menciptakan Pcb Di Rumah (Part 1)"