Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sejarah Dan Pengertian Micro Processor

Micro Processor yang Anda gunakan sanggup saja Pentium, Athlon, PowerPC, Sparc atau salah satu dari banyak brand dan jenis micro processor (biasa juga disebut mikro processor) lainnya. Namun, mereka intinya melaksanakan hal yang sama dengan cara yang sama pula.



Jika ingin tahu apa yang dilakukan oleh mikro processor dalam komputer Anda, atau jikalau ingin tahu perbedaan jenisjenis processor, teruslah membaca. Pada artikel ini, kita akan mengetahui bagaimana digital logic memungkinkan komputer melaksanakan tugasnya, apakah itu memainkan game atau mengecek ejaan dokumen!

Sejarah Micro Processor 
Mikroprocessor � juga dikenal dengan CPU atau central processing unit � merupakan mesin komputasi komplit yang dipabrikasi pada satu chip. Mikro processor pertama yaitu Intel 4004, yang diperkenalkan pada tahun 1971. Jenis 4004 ini tidak begitu powerfull. Hanya sanggup menambah dan mengurangi, dan beliau hanya sanggup melakukannya 4bit pada ketika bersamaan. Namun menakjubkan. Karena semuanya terdapat pada satu chip. Sebelum 4004, para insinyur menciptakan komputer dari kumpulan chip atau dari komponen yang berlainan (transistor yang dihubungkan bersama). Dan 4004 merupakan otak salah satu kalkulator elektronik portable yang pertama.

Mikro processor pertama yang dipakai dalam komputer rumahan yaitu Intel 8080, komputer 8-bit komplit pada satu chip, yang diperkenalkan pada tahun 1974. Mikro processor pertama yang menarik perhatian pasar yaitu Intel 8088, yang diperkenalkan pada tahun 1979 dan diintegrasikan ke dalam IBM PC (yang kali pertama muncul sekitar tahun 1982). Jika familiar dengan pasar PC dan sejarahnya, Anda tentu tahu bahwa pasar PC bergerak dari 8088 ke 80286 ke 80386 ke 80486 ke Pentium ke Pentium II ke Pentium III ke Pentium 4. Semua mikro processor ini dibentuk oleh Intel dan semuanya merupakan peningkatan dari desain dasar 8088. Pentium 4 sanggup menjalankan arahan apapun yang dijalankan pada 8088, tetapi beliau melakukannya 5000 kali lebih cepat!


Posting Komentar untuk "Sejarah Dan Pengertian Micro Processor"