Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menciptakan Kinerja Komputer Pc Dan Laptop Lebih Cepat Dan Optimal


Cara menciptakan kinerja komputer PC dan laptop lebih cepat dan optimal -- Komputer dan laptop dengan kinerja yang cepat tentu menjadi dambaan tersendiri bagi penggunanya. Selain bisa menghasilkan pekerjaan yang jauh lebih baik dan lebih cepat, tentu waktu Anda akan jauh lebih efisien dan tak akan terbuang dengan percuma jikalau bekerja dengan memakai komputer yang mempunyai performa optimal. Namun bagaimana bila ternyata kinerja yang dihasilkan belum sesuai dengan yang diharapkan?. 

Sebaiknya Anda jangan terburu-buru mengambil keputusan untuk menjual komputer ataupun laptop yang dikala ini Anda gunakan sebab mungkin beberapa tips berikut ini bisa menjadi solusi jitu supaya kinerja laptop dan komputer PC Anda bisa bekerja dengan lebih cepat dan optimal. Beberapa cara dibawah ini tergolong cukup simpel dan gampang untuk dilakukan sebab perawatan laptop dan komputer PC berikut bekerjsama tak akan memakan waktu yang lama. Berikut ialah tips dan cara mempercepat kinerja pada komputer PC dan laptop yang bisa Anda lakukan sendiri dirumah :

Cara menciptakan kinerja komputer PC dan laptop lebih cepat dan optimal Cara menciptakan kinerja komputer PC dan laptop lebih cepat dan optimal


1. Lakukan perawatan komponen perangkat keras komputer secara berkala.
Bagi Anda yang memakai laptop, perawatan perangkat yang bisa Anda lakukan tentu tak sekompleks jikalau Anda memakai komputer PC sebab yang perlu Anda lakukan hanyalah membersihkan komponen luarnya saja ibarat layar LCD, sela-sela keyboard dan cuilan casing luar dengan mempergunakan sebuah kain lap yang bersih. Namun jikalau Anda memakai komputer PC, maka sebelum terjadi duduk kasus yang serius ada baiknya jikalau Anda membersihkannya secara berkala. Lakukan minimal sebulan atau 2 bulan sekali. 

Peralatan yang Anda perlukan hanyalah sebuah kuas/sikat gigi, kain higienis serta sedikit cairan thinner yang sanggup melarutkan resin serta debu. Caranya ialah dengan membongkar casing CPU Anda dan bersihkan area yang terlihat kotor dan berdebu. Jika mencopot komponen yang terpasang pada perangkat memang diperlukan, maka lakukanlah secara hati-hati dan perlahan terutama pada cuilan kipas prosesor, harddisk, memory, kartu VGA, mainboard serta beberapa komponen penting lainnya yang memang dengan posisi yang sulit untuk dijangkau. Selain berhati-hati, pastikanlah Anda mengingat bagaimana komponen tersebut terpasang sebelumnya supaya Anda sanggup memasangnya kembali dengan tepat sesudah dibersihkan. 

2. Gunakanlah aplikasi yang ringan.
Sebelum Anda melaksanakan instalasi, pastikanlah jikalau spesifikasi perangkat keras ataupun komponen yang terdapat didalamnya bisa mendukung dengan baik penggunaan aplikasi tersebut. Disinilah Anda sebaiknya bisa memilah dan menentukan dengan tepat aplikasi mana yang tetap bisa mendukung aktifitas Anda namun tidak terlalu memforsir kinerja komputer ataupun laptop Anda. 

Jika memang aplikasi tersebut benar-benar Anda perlukan, ada baiknya jikalau Anda memasang komponen suplemen yang mempunyai fungsi serta spesifikasi yang bisa mendukung komputer untuk bisa menjalankannya dengan baik. Umumnya bisa dilakukan dengan cara menambah kapasitas memory dengan cara menambah atau menggantinya dengan ukuran kapasitas yang lebih besar.

3. Instal aplikasi Antivirus yang ringan namun berkualitas baik.
Kehadiran sebuah Antivirus tentu mempunyai manfaat yang sangat besar bagi perangkat Anda supaya tetap terlindung dengan baik dari segala bentuk virus, malware ataupun bahaya lain yang bisa mensugesti kinerja komputer. Untuk mendapatkannya juga cukup mudah, namun disarankan untuk memakai Antivirus yang mempunyai performa baik namun tetap ringan bagi komputer.

4. Meminimalisir tampilan desktop.
Gambar latar (background) yang berukuran besar juga bisa mensugesti kinerja dari komputer yang Anda gunakan. Oleh alhasil sangat disarankan jikalau Anda mulai memakai gambar yang berukuran kecil atau memakai tampilan kosong saja. Selain itu, minimalisir penggunaan shortcut pada desktop dan juga menjadikannya sebagai daerah untuk menyimpan file ataupun berkas-berkas pekerjaan Anda. Fungsikanlah secara optimal folder MyDocument ataupun ruang folder dalam harddisk yang Anda gunakan.

5. Defragmenting dan disk cleanup secara berkala.
Jalankan aktivitas aplikasi defragmenting serta disk cleanup secara terencana guna mengoptimalkan kinerja komputer ataupun laptop yang Anda gunakan. Caranya ialah klik Start >> All Programs >> Accessories >> System Tools >> Disk Defragmenter / Disk Cleanup. Fungsi dari kedua aplikasi bawaan Windows ini ialah penataan kembali file-file dikala Anda melaksanakan pekerjaan ibarat membuka, edit serta menyimpan file pada harddisk. Pada dikala inilah file-file pada media penyimpanan tersebut meninggalkan area kosong pada harddisk dalam bentuk fragmentasi yang bisa dirapatkan kembali dengan cara melaksanakan defragmentasi. 

Lakukanlah secara terencana namun tetap rutin minimal 1 ahad hingga 2 ahad sekali pada komputer dan laptop yang Anda gunakan. Terlebih lagi jikalau Anda memang cukup intens mempergunakan perangkat komputer ataupun laptop untuk melaksanakan banyak sekali pekerjaan. 

6. Hapus cookies, history dan optimalkan aplikasi Startup.
Hapuslah file-file sementara (temporary files) yang biasanya muncul dikala Anda final melaksanakan browsing di internet. Selain itu Anda juga sanggup mengoptimalkan fungsi aplikasi Startup hanya untuk program-program yang memang dibutuhkan saja. Hal ini sanggup mensugesti kecepatan sistem operasi (OS) pada dikala loading ataupun booting dari fase BIOS hingga komputer siap digunakan. 

Konfigurasi yang bisa Anda lakukan untuk mengatur sajian Startup pada Windows XP dan Windows 7 ialah dengan cara klik Run >> msconfig >> Centang tab Startup. Atau tekan Win+R pada keyboard secara bersamaan. Tombol Win biasanya diwakili dengan gambar Windows pada keyboard. Setelah muncul jendela konfigurasi, maka aturlah pengaturan sesuai dengan kebutuhan yang diperlukan.

Sekian tips dari saya, semoga bermanfaat bagi anda :)



Posting Komentar untuk "Cara Menciptakan Kinerja Komputer Pc Dan Laptop Lebih Cepat Dan Optimal"