Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bagasi Citilink Berbayar, Tapi Bagi Penumpang Ini Bisa Gratis

Maskapai Berbiaya Hemat (LCC) Citilink Indonesia segera memberlakukan kebijakan baru terkait dengan penambahan biaya bagasi pada setiap penerbangan domestik. Hal itu akan dilakukan mereka mulai Jumat, 8 Februari 2019.

“Ini dalam rangka memberikan kualitas layanan yang prima kepada pelanggan setia Citilink Indonesia ditengah ketatnya persaingan di industri transportasi udara. Sebagai maskapai dengan standar layanan no frills akan memberlakukan ketentuan baru mengenai tarif bagasi tercatat,” kata Direktur Niaga Citilink Indonesia Benny Rustanto.

Benny mengatakan, ketentuan bagasi tercatat ini hanya akan diberlakukan untuk penerbangan domestik saja. Khusus penumpang rute internasional serta penumpang yang telah menjadi member Supergreen dan Garudamiles atau penumpang yang membeli “Green Seat” akan tetap mendapatkan gratis bagasi 10 kg.

Sedangkan, bagi seluruh penumpang yang telah membeli tiket penerbangan Citilink Indonesia sebelum tanggal 8 Februari 2019, masih berhak mendapatkan bagasi 20 kg. Meskipun dijadwalkan untuk terbang melewati tanggal yang dimaksud.

“Penumpang juga tetap diperbolehkan untuk membawa satu buah barang bawaan ke dalam kabin. Asalkan berat maksimal 7 kg dan dimensi maksimal 58cm x 46cm x 23cm tanpa biaya tambahan,” ujar Benny.

Sedangkan bagi member Citilink Citisport akan mendapatkan gratis 20 kg untuk perlengkapan olah raga (sports equipment). Juga gratis tambahan 10 kg untuk bagasi tercatat.

Adapun, penumpang Citilink Indonesia dapat membeli paket bagasi sebelum keberangkatan. Hal ini untuk mendapatkan harga yang lebih terjangkau dengan potongan harga sampai dengan 40 persen.

Pembelian paket bagasi dapat dilakukan di website resmi paling lambat Empat (4) jam sebelum keberangkatan. Sementara bagi penumpang yang sudah berada di bandara, dapat membeli bagasi tercatat langsung di counter check in atau customer service Citilink Indonesia.

Benny menambahkan sesuai Pasal 22 butir C PM 185 Tahun 2015, bahwa Citilink Indonesia termasuk dalam kategori maskapai dengan pelayanan “no frills” (pelayanan dengan standar minimum) yang dapat mengenakan biaya untuk pengangkutan bagasi tercatat.

Tahap Sosialisasi

Dalam tahap awal ini perusahaan akan melakukan sosialisasi secara intensif mengenai kebijakan baru bagasi. Tercatat selama dua minggu ke depan mulai dari tanggal 25 Januari hingga 7 Februari 2019 sosialisasinya.

Kebijakan baru mengenai bagasi tercatat akan diberlakukan efektif mulai tanggal 8 Februari 2019. Dalam menerapkan kebijakan ini, perseroan telah melakukan langkah sosialisasi baik kepada pihak internal dan eksternal melalui berbagai media.

Untuk internal, sosialisasi dilakukan melalui majalah internal dan email yang ditujukan kepada seluruh karyawan.

Selanjutnya untuk pihak eksternal akan dilakukan melalui media massa seperti koran dan radio, media sosial, maupun inflight magazine.

Selain itu, manajemen juga akan memasang banner pemberitahuan di setiap counter check in bandara dan announcement oleh awak kabin. Sehingga seluruh penumpang Citilink Indonesia mendapatkan informasi dengan baik.

Citilink Indonesia mengharapkan bahwa ketentuan terbaru terkait bagasi tercatat ini dapat berjalan dengan baik. Juga dengan terus menjaga kualitas pelayanan penerbangan yang selalu mengedepankan faktor keselamatan dan keamanan bagi seluruh penumpangnya.

Editor: Ayyi Achmad Hidayah

Posting Komentar untuk "Bagasi Citilink Berbayar, Tapi Bagi Penumpang Ini Bisa Gratis"