Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Cara Ini Bisa Bikin Harga Jual Rumahmu Meningkat, Mau Coba?

Jual rumah bukanlah perkara mudah. Selain sulit tercapai kesepakatan antara penjual dan pembeli, kalau kompetisi pasar sedang besar, sehingga bikin rumahmu gak laku kalau cara menjualnya salah.

Tapi, banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan harga jual rumah atau paling tidak menarik pembeli. Seperti yang dilakukan masyarakat pada umumnya, yaitu mempercantik hunian.  

Baik menjual melalui agen properti atau menjualnya sendiri, sama-sama memerlukan sedikit sentuhan untuk mempercantik rumahmu.

Jika kamu menjual lewat agen, mungkin mereka bisa memberikan tips-tips rumah sepeti apa yang sedang menjadi incaran pasar. Kalau sudah mengetahuinya, kamu bisa mempercantik rumahmu sesuai dengan pangsa pasar.

Semua dilakukan demi memberikan kesan menarik untuk si pembeli dan akhirnya mereka membeli rumahmu.

Berikut, tujuh tips sederhana yang bisa kamu lakukan sebelum menjual rumah lamamu seperti dikutip dari moneymag.com:

1. Merapikan tanaman yang ada di depan pagar

Merapikan tanaman yang ada di depan pagar (Unsplash)
Merapikan tanaman yang ada di depan pagar (Unsplash)

Kalau kamu memiliki banyak pot-pot tanaman di teras rumah, ada baiknya merapikannya. Ganti pot lama yang sudah usang dengan pot terbaru. Potong ranting-ranting tanaman yang sudah menjalar ke mana-mana.

Baca juga: Rumah Mewah Depe, Didominasi Warna Hitam dan Ada Kolam Renang di Dalamnya!

2. Bersihkan bagian luar rumah

Membersihkan bagian luar rumah (Unsplash)
Membersihkan bagian luar rumah (Unsplash)

Bersihkan bagian luar rumah kamu yang mau dijual. Karena tampilan luar adalah hal yang bakal pertama kali dilihat calon pembeli.

Kalau luarnya bersih, pembeli akan tertarik untuk melihat lebih jauh ke dalam ruangan. Tapi, kalau luar kamu kotor, boro-boro deh mereka mau mampir.

Baca juga: Bergaya Modern Minimalis, Rumah Mewah BCL Dilengkapi Kolam Renang Pribadi! 

3. Buang barang-barang yang tak terpakai

Buang barang-barang tak terpakai (Unsplash)
Buang barang-barang tak terpakai (Unsplash)

Buang sebanyak mungkin barang-barang atau furnitur yang sudah tidak terpakai. Pasalnya, hal tersebut dikhawatirkan akan membuat rumah kamu terlihat berantakan. Kamu kan mau jual rumah, bukan jual kapal pecah!

4. Cat ulang

Mengecat ulang rumah (Unsplash)
Mengecat ulang rumah (Unsplash)

Jika warna cat rumah yang mau dijual sudah usang, ada baiknya melakukan pengecatan ulang. Tapi, gunakan warna yang lebih netral ya. Setelah dicat ulang, tampilan rumah kamu dijamin jadi lebih fresh, dan semakin menarik minta pembeli.

5. Memperbaiki masalah sepele

Memperbaiki masalah sepele (Unsplash)
Memperbaiki masalah sepele (Unsplash)

Sebelum menjual rumahmu, hal lain yang perlu dilakukan ialah melakukan maintenance alias pemeliharaan.

Misalnya, keran bocor, ubin yang mulai retak, dinding yang lembap, atau gagang pintu yang rusak. Ini mungkin sedikit sepele bagi kamu, tapi beberapa calon pembeli menganggap ini sebagai masalah besar.

6. Tata alat-alat yang masih bisa dipakai

Tata alat-alat yang masih bisa dipakai (Unsplash)
Tata alat-alat yang masih bisa dipakai (Unsplash)

Jual rumah dapat gratis furnitur mungkin sudah hal umum. Tapi, perlu diingat, furnitur yang ditinggal harus masih layak pakai ya. Agar pembeli juga semakin berminat, ada baiknya ditata serapi mungkin.

7. Rencanakan tata ruang

Merencanakan tata ruang (Unsplash)
Merencanakan tata ruang (Unsplash)

Gak ada salahnya merenovasi terlebih dahulu sebelum menjual rumah kamu. Langkah ini dilakukan demi meningkatkan harga jual, juga menarik minat pembeli.

Coba kamu konsultasikan dengan arsitek dalam melakukan renovasi, kira-kira rumah seperti apa yang diidamkan pasar saat ini. Kamu juga bisa menanyakan seperti apa tata letak dan ukuran ruangan yang ideal saat ini.

Itulah beberapa langkah yang bisa kamu lakukan sebelum jual rumah lamamu. Menjual rumah itu memang bukanlah perkara mudah, tapi kamu bisa kok membuatnya menjadi lebih mudah dengan cara-cara di atas.

Sebagian orang menjual rumah dengan beberapa alasan, entah ingin pindah ke tempat baru, atau memang lagi butuh uang.

Apapun alasannya, kamu mau jual rumah dan dapat untung kan. Nah, tujuh cara di atas dijamin bisa meningkatkan harga jual rumahmu. Selamat mencoba! (Editor: Chaerunnisa)

Posting Komentar untuk "7 Cara Ini Bisa Bikin Harga Jual Rumahmu Meningkat, Mau Coba?"