Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Satelit Pluto P4 Dan P5 Diberi Nama Vulcan Dan Kerberos

Image credit: NASA, ESA, and M. Showalter (SETI Institute)
Bulan atau satelit kerdil yang sebelumnya telah ditemukan yakni P4 dan P5 sekarang secara resmi berganti nama menjadi Vulcan dan Cerberus/ Kerberos. Hal ini secara resmi disampaikan oleh pemimpin tim yang melaksanakan penelitian terhadap Pluto, Mark Showalter dari SETI kepada kantor info NBC News.

Nama Vulcan sendiri merupakan nama yang dulu sebetulnya pernah diusulkan untuk disematkan pada planet mini yang terletak diantara Matahari dan Merkurius yang kemungkinan asalnya diambil dari nama planet dalam film Star Trek dan kabarnya pemain film senior Star Trek, William Shatner baiklah dengan penggunaan nama itu. Sedangkan Cerberus sendiri merupakan nama dari sebuah asteroid oleh sebab itu semoga tidak terjadi penyalah artian, ejaan untuk Bulan Pluto P5 menjadi Kerberos dan P4 tetap berjulukan Vulcan.

Vulcan ditemukan pada tahun 2011 dan mempunyai keliling 8-21 mil (13-34 km) sedangkan Kerberos ditemukan pada tahun 2012 kemarin dan mempunyai ukuran sedikit lebih kecil dari Vulcan yakni 6-15 mil (10-25 km).
(SP, Adi Saputro/ www.astronomi.us)

Posting Komentar untuk "Satelit Pluto P4 Dan P5 Diberi Nama Vulcan Dan Kerberos"