Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Planet Kepler 78B, Satu Tahunnya Sama Dengan 8 Jam Saja

Ilustrasi planet Kepler 78b mengorbit bintangnya, Kepler 78. Image credit: NASA
Ilmuwan dari MIT (Massachusetts Institute of Technology) Amerika menemukan fakta bahwa eksoplanet (planet di luar tata surya kita) berjulukan Kepler 78b (KIC 8435766 b) mempunyai periode revolusi (waktu sekali mengelilingi / mengorbit bintangnya) tercepat dari planet lain yang pernah diteliti. Planet tersebut hanya membutuhkan waktu 8 jam saja dalam sekali waktu mengelilingi bintangnya (Kepler-78). Hal itu sangat cepat jikalau dibandingkan dengan Bumi yang mempunyai periode revolusi 365 hari.

Planet Kepler 78b mempunyai ukuran yang hampir sama dengan Bumi dan terletak 700 tahun cahaya. Periode revolusi yang ekstrem disebabkan lantaran dekatnya planet tersebut dengan bintangnya yang 40 kali lebih akrab dari pada jarak Matahari ke Merkurius. Suhu permukaan planet Kepler 78b mencapai 5000 derajat Fahrenheit atau sama dengan 2760 derajat Celcius dan diperkirakan permukaan planet ini meleleh dan berupa lautan lava.

Hanya planet yang mempunyai struktur padat yang sanggup bertahan dengan orbit sedekat itu. Kemungkinan planet Kepler 78b hampir seluruhnya tersusun dari besi, dan berdasarkan para ilmuwan jikalau tidak demikian maka gaya pasang surut yang sangat besar dari bintangnya akan menghancurkannya.

"Kenyataan bahwa planet tersebut sanggup bertahan menerangkan bahwa planet Kepler 78b sangat padat," ucap professor Josh Winn dari MIT. "Apakah ada planet yang sanggup lebih akrab lagi dari itu? maka itu sebuah pertanyaan terbuka dan akan lebih menakjubkan," tambahnya.

Professor Winn dan tim telah beberapa usang mencari planet seukuran Bumi dengan periode orbit yang singkat dan inovasi ini menciptakan kita semua takjub.
(SD, Adi Saputro/ www.astronomi.us)


Posting Komentar untuk "Planet Kepler 78B, Satu Tahunnya Sama Dengan 8 Jam Saja"