Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penjelasan Nasa Mengenai Inovasi Gagang Pintu Di Mars

Tampak watu mengkilap di atas foto. Foto ini diambil pada 30 Januari 2013. Image credit: NASA/JPL/Malin Space Science Systems.
Setelah diperbesar obyek sangat mirip gagang pintu. Image credit: NASA/JPL/Malin Space Science Systems.

Seperti yang dilaporkan pada Minggu kemudian bahwa robot Curiosity NASA mengabadikan sebuah objek di Mars yang ibarat gagang pintu. Setelah melaksanakan beberapa pengamatan berikut ini klarifikasi dari NASA.

Ronald Sletten dari tim MSL selaku pengembang Curiosity menjelaskan bahwa deretan yang ibarat gagang pintu / pegangan pintu tersebut merupakan sebuah obyek yang terbentuk secara alami yang dibuat oleh terpaan angin dan angin tersebut mengakibatkan abrasi pada permukaan batu. kemudian yang menjadi pertanyaan selanjutnya, mengapa watu tersebut dapat mengkilap? Ia kembali menjelaskan bahwa watu tersebut mempunyai butir halus yang relatif keras sehingga angin tersebut menerpa dan membentuknya mirip yang kini kita lihat kemudian menyebabkannya menjadi sangat halus dan mengkilap.

Fenomena mirip ini disebut dengan Ventifacted adalah sebuah kondisi dimana bubuk dan pasir yang diterbangkan oleh angin menabrak sebuah obyek dan menyebabkannya terkikis dan terbentuk (terukir). Sletten menyampaikan bahwa fenomena mirip itu juga sering terjadi di Bumi mirip di Antartika.
(UT, Adi Saputro/ www.astronomi.us)

Posting Komentar untuk "Penjelasan Nasa Mengenai Inovasi Gagang Pintu Di Mars"