Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Peneliti Nasa Mulai Buat Mesin Warp Yang Lebih Cepat Dari Kecepatan Cahaya

Ilustrasi pesawat bergerak dalam kecepatan warp. Image credit: ddmcdn
Para peneliti NASA di Johnson Space Center, Texas, dikala ini sedang berusaha membuat mesin canggih yang bisa bergerak melebihi kecepatan cahaya yang sering disebut dengan kecepatan warp. Layaknya pesawat Enterprise dalam film Star Trek, dengan kecepatan yang melebihi kecepatan cahaya, maka kita akan dimungkinkan untuk melaksanakan perjalanan dari planet satu ke planet lain, atau menuju ke kawasan lain di alam semesta dengan sangat cepat.

Insinyur dan fisikawan NASA, Dr Harold G. White percaya bahwa sangat mungkin untuk melanggar teori yang dibentuk oleh Albert Einstein ketika ia mengungkapkan bahwa tidak ada yang bisa melebihi kecepatan cahaya.

Riset yang dilakukan peneliti NASA ini didasarkan pada teori fisika yang diungkap oleh fisikawan asal Meksiko, Miguel Alcubierre pada tahun 1994 yang menyampaikan bahwa yaitu mungkin untuk bergerak melebihi kecepatan cahaya kalau ilmuan menemukan cara untuk memanfaatkan perluasan dan kontraksi ruang.

Dengan membuat "gelembung warp" yang bisa memperluas ruang untuk lalu terhubung dengan ruang lainnya, pesawat akan didorong menjauh dari Bumi dan tertarik ke arah bintang jauh oleh ruang waktu itu sendiri, ungkap Dr Alcubierre dalam hipotesisnya. Tampaknya hal ini akan sangat rumit, namun bukan berarti mustahil.

Dr White dan tim dikala ini sedang melaksanakan penelitian di laboratorium  khusus dimana lintasan foton melengkung dibentuk untuk akselerasi apakah foton sanggup didorong untuk bergerak lebih cepat dari cahaya atau tidak. Lebih lanjut Dr White menyampaikan bahwa meskipun untuk membuat pesawat atau teknologi menyerupai pada pesawat Enterprise Star Trek yaitu suatu harapan di masa depan, dikala ini merupakan awal yang sangat baik.

Dengan memakai kecepatan warp, untuk menuju ke tata surya lain yang sebelumnya diharapkan waktu puluhan ribu tahun, akan bisa ditempuh hanya dalam waktu beberapa ahad atau beberapa bulan saja. Dan itu akan membuat kita sangat mungkin mempelajari dan mengeksplorasi tata surya lain. Berharap hal ini akan sanggup terwujud di masa depan.
(SD, Adi Saputro/ www.astronomi.us)


Posting Komentar untuk "Peneliti Nasa Mulai Buat Mesin Warp Yang Lebih Cepat Dari Kecepatan Cahaya"