Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ilmuwan Jelaskan Cara Berkebun Dan Bercocok Tanam Di Mars

Planet Mars. Image credit: NASA
Manusia telah mengambil langkah besar dengan mencoba mengeksplorasi planet di luar Bumi yaitu Mars. Selain sebab Mars terletak tidak terlalu jauh dari Bumi, Mars nampaknya juga mempunyai beberapa sumber daya yang bisa dimanfaatkan manusia. nah bagaimana cara insan bisa bertahan hidup jikalau bertahan di planet merah tersebut??. beberapa ilmuwan mengungkapkan bahwa semoga insan bisa hidup di planet mars, maka yang dibutuhkan ialah ketersediaan Oksigen, daerah tinggal, makanan, dan air yang mana hal tersebut harus bisa diperoleh secara sanggup berdiri diatas kaki sendiri (bukan berasal dari Bumi) semoga bisa berlangsung dari satu generasi ke generasi berikutnya.
Sketsa kubah beling dengan robot untuk bercocok tanam di Mars yang dibentuk oleh Vanessa harden. Image credit: Vanessa Harden
Selain itu insan juga memerlukan proteksi robot untuk membantu pekerjaan sehari hari termasuk dalam hal bercocok tanam / bertani. Untuk bercocok tanam di mars, diharapkan sebuah kubah beling atau geodesik yang bisa menjaga sayuran, buah-buahan, biji-bijian, dan bunga terlindung dari sinar ultraviolet yang ekstrim di Mars. Selain bisa melindungi dari sinarultraviolet, hal itu juga bisa melindungi dari angin puting-beliung pasir yang sering terjadi di sana. Di dalam kubah beling tersebut tanaman akan tetap mendapat sinar Matahari yang cukup. Selain kubah kaca, ketersediaan air juga sangat penting untuk mengairi lahan dan juga untuk diminum manusia. Untuk itu insan perlu mencarinya dengan menambang es yang terdapat di bawah permukaaan Mars untuk kemudian dicairkan. Atmosfer Mars yang sebagian besar terdiri dari CO2 bisa dipakai oleh tanaman untuk proses fotosintesis yang akan menghasilkan oksigen bagi manusia.

Semua hal tersebut ketika ini sedang diuji dan dikembangkan oleh ilmuwan di Bumi dengan menciptakan eksperimen lingkungan serupa di planet Mars. Hal itu sangat penting sebelum insan benar-benar berangkat ke planet Mars untuk membangun peradaban di sana. Salah satu ilmuwan yang melaksanakan eksperimen bercocok tanam di Mars ialah Vanessa Harden yang menciptakan robot AstroGardening yang akan membantu insan untuk bertani lengkap dengan kubah kacanya.(UT, Adi Saputro/ www.astronomi.us)

Posting Komentar untuk "Ilmuwan Jelaskan Cara Berkebun Dan Bercocok Tanam Di Mars"