Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cassini Ambil Foto Berwarna Bulan Saturnus, Dione

Foto berwarna bulan Saturnus, Dione yang diambil oleh Wahana pengorbit NASA, Cassini. Klik gambar untuk memperbesar. Image credit: NASA/JPL/SSI. Composite by J. Major.
Wahana NASA pengorbit planet Saturnus, Cassini, berhasil mengambil foto berwarna dari salah satu satelit alam yang mengorbit planet tersebut, Dione. Dione yang sebagian besar tersusun dari es dan batuan, sekilas tampak menyerupai mirip Bulan. Namun kalau kita cermati, ternyata terdapat warna agak ke merah muda (pink), hijau dan biru pada sebagian permukaannya. Foto tersebut diambil Cassini pada tanggal 23 Desember 2012 yang lalu diolah oleh NASA menjadi foto komposit berwarna.

Cassini mengambil foto tersebut pada jarak 154.869 mil (249.238 km). Tampak kawah Creusa yang berada persis di kawasan paling terperinci pada gambar dan melintas sebuah garis yang nyatanya yakni sebuah celah atau retakan yang disebut Tibur Chasmata. Retakan tersebut melintas dari kutub utara Dione (kiri atas, sampai ke kutub selatannya (kanan bawah). Dione sendiri mempunyai diameter sekitar 700 mil (1120 km ).
(UT, Adi Saputro/ www.astronomi.us)


Posting Komentar untuk "Cassini Ambil Foto Berwarna Bulan Saturnus, Dione"