Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Astronom Temukan Planet Hd 40307 G Layak Huni Seolah-Olah Bumi Dan Mengandung Air

Ilustrasi sistem tata surya bintang HD 40307. Image credit: G. Anglada/Celestia
Astronom berhasil menemukan enam planet gres menyerupai Bumi yang mengorbit bintang HD 40307 yang berjarak 43 tahun cahaya di selatan konstelasi Pictor. Bintang HD 40307 merupakan sebuah bintang katai bau tanah atau kerdil yang berwarna oranye. Salah satu dari enam planet yang ditemukan berada pada zona layak huni atau yang sering disebut dengan habitable zone. Astronom juga myakini bahwa di planet tersebut juga terdapat air berwujud cair.

Keenam planet yang ditemukan tersebut ditemukan dengan memakai instrumen HARPS (High Accuracy Radial velocity Planet Searcher) yang berada pada teleskop ESO 3.6m di La Silla, Chile. Teleskop tersebut bisa mendeteksi goyangan kecil dari sebuah bintang yang disebabkan oleh tarikan gravitasi dari planet yang mengorbitnya. Dengan dipimpin oleh Mikko Tuomi dari University of Hertfordshire Centre for Astrophysics Research, Inggris, tim peneliti mempelajari data yang dihasilkan oleh HARPS dan telah mengidentifikasi tiga eksoplanet di sistem bintang HD 40307. Planet yang ditunjukkan dengan karakter e, f, dan g disebut dengan Super Earth dan planet dengan simbol karakter g menciptakan para astronom begitu bersemangat untuk menelitinya lantaran sesudah mereka melaksanakan pengamatan dan perhitungan secara rinci perihal orbitnya, mereka yakin bahwa di sana terdapat air dalam wujud cair dan orbitnya juga layak huni.

Selain itu planet g ini berada cukup relatif jauh dari bintangnya sehingga tidak akan terkena imbas tidal, sehingga di planet tersebut juga ada perubahan cuaca, musim, iklim dan hembusan angin menyerupai di Bumi.

Daftar eksoplanet menyerupai Bumi yang layak huni versi PHL. Image credit: PHL

Perbandingan sistem tata surya kita dengan sistem tata surya HD 40307. Image credit: paper Tuomi et al
"Bintang HD 40307 juga merupakan bintang kerdil yang bau tanah dan damai sehingga tidak akan mempengaruhi kondisi di planet secara signifikan," ungkap Guillem Anglada-Escude selaku penulis penelitian ini. "Jika sinyal Doppler dari planet g di sistem bintang HD 40307 memang benar-benar sinyal yang berasal dari planet HD 40307 g, maka planet ini bisa mendukung dan menjadi daerah adanya air berwujud cair di permukaannya dimana planet yang ada air berwujud cair tidak akan ditemukan di planet yang terkena imbas tidal," tambah Tuomi.

Saat ini planet HD 40307 g telah ditambahkan ke dalam daftar eksoplanet layak huni (Planetary Habitability Laboratorys Habitable Exoplanets Catalog) oleh PHL (Planetary Habitability Laboratorys) yang berada di University of Puerto Rico di Arecibo. Planet HD 40307 g menduduki daerah ke empat dalam katalog tersebut menurut kesamaannya dengan Bumi. Profesor Abel Mendez Torres dari PHL menyampaikan bahwa "temperatur rata-rata planet HD 40307 g sekitar 9 derajat Celcius dengan suhu permukaan sekitar -17 hingga 52 derajat Celcius dan hal ini masih bisa ditoleransi. Planet HD 40307 g mengorbit bintangnya pada jarak 0.6 AU dengan usang hari orbit 200 hari. Pada jarak menyerupai ini diperkirakan planet tersebut mendapatkan 62-67% dari radiasi yang di sanggup Bumi dari Matahari.

Sementara itu planet lain yang mengorbit bintang HD 40307 yang disimbolkan dengan karakter b, c, d, dan e jaraknya diperkirakan setara dengan jarak planet Merkurius ke Matahari.

Namun yang perlu diketahui bahwa planet HD 40307 g masih merupakan planet kandidat yang masih perlu diteliti dan pencitraan pribadi planet tersebut menjadi satu hal yang masih kita tunggu.
(UT, Adi Saputro/ www.astronomi.us)


Posting Komentar untuk "Astronom Temukan Planet Hd 40307 G Layak Huni Seolah-Olah Bumi Dan Mengandung Air"