Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Astronom Berhasil Tangkap Gema Cahaya Dari Supernova Sn 2009Ig

Galaksi NGC 1015 kawasan ledakan Supernova SN 2009ig berlangsung. Image credit: Peter Garnavich / University of Notre Dame / Large Binocular Telescope Observatory
Astronom berhasil mendeteksi dan menemukan gema cahaya dari bahan yang terhempas jawaban ledakan supernova SN 2009ig. Material yang memantulkan gema cahaya yaitu abu dan gas diperkirakan berada sangat bersahabat dengan sentra ledakan.

Bisa dianalogikan kalau gema bunyi yang biasa kita dengar di Bumi akan terdengar ke indera pendengaran kita beberapa kali ketika gelombang bunyi tersebut memantul dari dinding ataupun obyek di sekitar kita. Suara gema tersebut akan lebih lemah dari bunyi aslinya alasannya ialah membutuhkan jalan yang lebih panjang untuk hingga ke telingan kita. Begitu pula dengan gema cahaya yang mempunyai cara kerja yang hampir sama dengan gema suara. Sinar pribadi dari ledakan supernova tersebar melalui partikel di galaksi Bima Sakti dan ditangkap oleh Bumi. Seperti pada gema suara, waktu tunda dan aplitudi gema cahaya sangat tergantung pada jarak antara sumber dengan permukaan reflektor yang dalam hal ini ialah bahan abu dan gas.

Supernova SN 2009ig ditemukan kurang dari satu hari sehabis meledak oleh Lick Observatory Supernova Search pada tahun 2009. Supernova tersebut berada di galaksi NGC 1015 pada jarak 127 juta tahun cahaya di konstelasi Cetus. Pengamatan yang dilakukan tahun 2010 dengan memakai teleskop Kitt Peak diketahui bahwa Supernova tersebut telah memudar 10.000 kali dari kecerahan puncaknya.

"Kami sanggup mempelajari bagaimana unsur-unsur radioaktif yang dihasilkan meluruh seiring dengan waktu" ungkap Peter Garnavich, profesor Fisika dari University of Notre Dame, selaku peneliti utama dalam studi ini.

Supernova SN 2009ig diolongkan pada supernova 1a dimana ia berasal dari ledakan termonuklir dari inti bintang katai putih. Supernova tipe 1a mempunyai tingkat kecerahan yang tinggi dan dipakai oleh astronom untuk mengukur tingkat percepatan perluasan alam semesta.
(SD, Adi Saputro/ www.astronomi.us)

Posting Komentar untuk "Astronom Berhasil Tangkap Gema Cahaya Dari Supernova Sn 2009Ig"