Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Saja Efek Hujan Asam Bagi Ekosistem Di Bumi?

Pertanyaan:
Apa saja dampak hujan asam bagi ekosistem dan lingkungan di Bumi?

Jawaban:
1. Dampak Hujan asam Terhadap Danau
Kelebihan zat asam pada danau akan menjadikan sedikitnya species yang bertahan. Jenis Plankton dan invertebrate merupakan mahkluk yang paling pertama mati akhir dampak pengasaman. Apa yang terjadi jikalau didanau mempunyai pH dibawah 5, lebih dari 75 % dari spesies ikan akan hilang (Anonim, 2002). Ini disebabkan oleh dampak rantai makanan, yang secara signifikan berdampak pada keberlangsungan suatu ekosistem. Tidak semua danau yang terkena hujan asam akan menjadi pengasaman, dimana telah ditemukan jenis batuan dan tanah yang sanggup membantu menetralkan keasaman.

2. Dampak Hujan Asam Terhadap Tumbuhan dan Hewan
Hujan asam yang larut bersama nutrisi didalam tanah akan menyapu kandungan tersebut sebelum pohon-pohon sanggup menggunakannya untuk tumbuh. Serta akan melepaskan zat kimia beracun menyerupai aluminium, yang akan bercampur didalam nutrisi. Sehingga apabila nutrisi ini dimakan oleh flora akan menghambat pertumbuhan dan mempercepat daun berguguran, selebihnya pohon-pohon akan terjangkit penyakit, kekeringan dan mati. Seperti halnya danau, Hutan juga mempunyai kemampuan untuk menetralisir hujan asam dengan jenis batuan dan tanah yang sanggup mengurangi tingkat keasaman.
Pencemaran udara telah menghambat fotosintesis dan immobilisasi hasil fotosintesis dengan pembentukan metabolit sekunder yang potensial beracun. Sebagai karenanya akar kekurangan energi, lantaran hasil fotosintesis tertahan di tajuk. Sebaliknya tahuk mengakumulasikan zat yang potensial beracun tersebut. Dengan demikian pertumbuhan akar dan mikoriza terhambat sedangkan daunpun menjadi rontok. Pohon menjadi lemah dan gampang terjangkit penyakit dan hama.
Penurunan pH tanah akhir deposisi asam juga mengakibatkan terlepasnya aluminium dari tanah dan menimbulkan keracunan. Akar yang halus akan mengalami nekrosis sehingga absorpsi hara dan iar terhambat. Hal ini mengakibatkan pohon kekurangan air dan hara serta akhirnya mati. Hanya flora tertentu yang sanggup bertahan hidup pada kawasan tersebut, hal ini akan berakibat pada hilangnya beberapa spesies. Ini juga berarti bahwa keragaman hayati tamanan juga semakin menurun.

Kadar SO2 yang tinggi di hutan mengakibatkan noda putih atau coklat pada permukaan daun, jikalau hal ini terjadi dalam jangka waktu yang usang akan mengakibatkan maut flora tersebut. Menurut Soemarmoto (1992), dari analisis daun yang terkena deposisi asam menunjukkan kadar magnesium yang rendah. Sedangkan magnesium merupakan salah satu nutrisi assensial bagi tanaman. Kekurangan magnesium disebabkan oleh pembersihan magnesium dari tanah lantaran pH yang rendah dan kerusakan daun meyebabkan pembersihan magnesium di daun.

Sebagaimana tumbuhan, binatang juga mempunyai ambang toleransi terhadap hujan asam. Spesies binatang tanah yang mikroskopis akan pribadi mati ketika pH tanah meningkat lantaran sifat binatang mikroskopis ialah sangat spesifik dan rentan terhadap perubahan lingkungan yang ekstrim. Spesies binatang yang lain juga akan terancam lantaran jumlah produsen (tumbuhan) semakin sedikit. Berbagai penyakit juga akan terjadi pada binatang lantaran kulitnya terkena air dengan keasaman tinggi. Hal ini terang akan mengakibatkan kepunahan spesies.

3. Dampak Hujan Asam Terhadap Manusia
Dampak deposisi asam terhadap kesehatan telah banyak diteliti, namun belum ada yang kasatmata berafiliasi pribadi dengan pencemaran udara khususnya oleh senyawa NOx dan SO2. Kesulitan yang dihadapi dkarenakan banyaknya faktor yang menghipnotis kesehatan seseorang, termasuk faktor kepekaan seseorang terhadap pencemaran yang terjadi. Misalnya balita, orang berusia lanjut, orang dengan status gizi jelek relatif lebih rentan terhadap pencemaran udara dibandingkan dengan orang yang sehat.

Berdasarkan hasil penelitian, sulphur dioxide yang dihasilkan oleh hujan asam juga sanggup bereaksi secara kimia didalam udara, dengan terbentuknya partikel halus suphate, yang mana partikel halus ini akan mengikat dalam paru-paru yang akan mengakibatkan penyakit pernapasan. Selain itu juga sanggup mempertinggi resiko terkena kanker kulit lantaran senyawa sulfat dan nitrat mengalami kontak pribadi dengan kulit.

4. Korosi
Hujan asam juga sanggup mempercepat proses pengkaratan dari beberapa material menyerupai kerikil kapur, pasirbesi, marmer, kerikil pada diding beton serta logam. Ancaman serius juga sanggup terjadi pada bagunan bau tanah serta monument termasuk candi dan patung. Hujan asam sanggup merusak batuan lantaran akan melarutkan kalsium karbonat, meninggalkan kristal pada batuan yang telah menguap. Seperti halnya sifat kristal semakin banyak akan merusak batuan.


Posting Komentar untuk "Apa Saja Efek Hujan Asam Bagi Ekosistem Di Bumi?"