Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Teleskop Vista Ambil Foto Galaksi Bima Sakti Beresolusi 9 Gigapiksel

Foto galaksi Bima Sakti beresolusi 9 Gigapiksel. Image credit: ESO/VVV Consortium, Acknowledgement: Ignacio Toledo, Martin Kornmesser
Gambar di atas ialah foto dari sentra galaksi Bima Sakti yang diambil oleh VISTA infrared survey telescope di ESO Paranal Observatory. Yang menakjubkan ialah foto mempunyai resolusi 9 Gigapiksel sehingga sangat tajam dan detail. Jika dicetak maka akan mempunyai panjang 9 meter dan lebar 7 meter. Pada foto tersebut kita bisa melihat lebih kurang 84 juta bintang dan ini 10 kali lebih banyak dari data studi sebelumnya.

"Dengan mengamati secara rinci jutaan bintang yang berada di sekitar Bima Sakti kita bisa belaar lebih banyak wacana pembentukan dan evolusi tidak hanya pada galaksi kita akan tetapi juga pada galaksi spiral pada umumnya," ucap Roberto Saito dari Pontificia Universidad Catlica de Chile, Universidad de Valparaso, penulis utama dari studi ini.

Jika diibaratkan sebuah barang berharga, maka ini ialah sebuah harta karun di galaksi Bima Sakti (Milky Way). Dari data-data yang didapat, peneliti sanggup menemukan benyak sekali eksoplanet (planet di luar tata surya kita) dengan memakai metode transit. Dengan begitu peneliti juga sanggup mengetahui sifat dari bintang yang menjadi "host" bagi planet planet tersebut baik suhu, massa, maupun usianya.

Mendapatkan gambaran yang terperinci dari sentra galaksi Bima Sakti bukanlah hal yang gampang alasannya ialah galaksi kita dipenuhi oleh bubuk yang menghalangi pandangan. Oleh alasannya ialah itu dibuthkan cahaya inframerah yang sanggup menerobos bubuk tersebut. Untuk itu peneliti memakai teleskop 4.1 meter dan Infrared Survey Telescope for Astronomy (VISTA) yang bisa mengambil bidang pandang yang lebar dan gambar di atas ialah salah satu hasilnya. (UT, Adi Saputro/ www.astronomi.us)

Posting Komentar untuk "Teleskop Vista Ambil Foto Galaksi Bima Sakti Beresolusi 9 Gigapiksel"