Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Modal Rp 10 Ribu Udah Bisa Investasi! Begini Cara Mendaftar dan Keuntungannya

Tabungan emas menjadi salah satu instrumen investasi yang kini banyak dilirik orang. Selain aman dan menguntungkan, modalnya juga kecil.

Pasalnya, harga emas setiap tahun itu cenderung naik, dan jenis investasi satu ini jangka panjang. Jadi, keuntungannya baru dapat kamu rasakan di beberapa tahun ke depan.

Misalnya, harga emas di tahun 2013 sebesar Rp 300 ribu per gram, di tahun 2018 harganya jadi Rp 600 ribu. Kamu memiliki emas batangan seberat 30 gram.

Nah, ketika dihitung, kamu beli emas di tahun 2013 seberat 30 gram sebesar Rp 9 juta. Kalau harga emas di tahun 2018 sebesar Rp 600 ribu, maka saat dijual kamu akan mendapatkan Rp 18 juta.

Berarti, keuntungan yang kamu dapat dari investasi emas tahun 2013 hingga 2018 itu sebesar Rp 9 juta. Lumayan banget kan?

Apa itu tabungan emas?

Tabungan emas (IG sahabatpegadaian)
Tabungan emas (IG sahabatpegadaian)

Tabungan emas merupakan salah satu program milik Pegadaian untuk memudahkan masyarakat berinvestasi.

Meski namanya tabungan emas, bukan berarti kamu menabung dalam bentuk emas ya! Yang dimaksud di sini, kamu menabung uang untuk mendapatkan emas.

“Tabungan emas bertujuan agar masyarakat dapat lebih mudah investasi karena modalnya kecil. Kamu bisa beli emas seberat 0,01 gram,” ungkap Wita salah seorang karyawan Pegadaian kepada MoneySmart saat dihubungi lewat sambungan telepon.

Lalu, gimana cara mendaftarnya?

Cara pendaftaran Pegadaian (IG sahabatpegadaian)
Cara pendaftaran Pegadaian (IG sahabatpegadaian)

Cara mendaftar rekening tabungan emas gampang kok! Kamu hanya perlu membawa fotokopi identitas diri seperti KTP, SIM atau paspor yang masih berlaku. Setelah itu, mengisi formulir pendaftaran rekening tabungan emas.

“Membawa identitas diri, dan datang langsung ke outlet Pegadaian. Tapi kamu juga bisa membuka rekening lewat aplikasi Pegadaian Digital Service,” jelas Wita.

Berapa uang yang harus disiapkan?

Berapa harus siapkan uang di Pegadaian (IG sahabatpegadaian)
Berapa harus siapkan uang di Pegadaian (IG sahabatpegadaian)

Ada beberapa biaya yang harus kamu keluarkan untuk membuka tabungan emas Pegadaian. Katanya hanya perlu modal gak sampai Rp 10 ribu buat investasi?

Ya, memang! Tapi itu hanya untuk membeli emasnya aja. Di luar itu, ada beberapa biaya yang harus kamu keluarkan juga. Apa aja?

  • Biaya pembukaan rekening Rp 10 ribu
  • Biaya fasilitas titipan selama satu tahun sebesar Rp 30 ribu atau Rp 2.500 per bulan
  • Pembelian saldo awal sebesar 0,01 gram dan biaya materai

“Kalau tabungan dilakukan melalui aplikasi digital. Pembelian saldo awal menjadi lebih besar, yaitu Rp 70 ribu, namun tidak dikenakan biaya pembukaan rekening. Sedangkan kalau lewat agen Pegadaian, terdapat pula biaya transaksi Rp 2.500 dan pembelian saldo awal menjadi Rp 57.500,” papar Wita.

Sekadar diketahui, selama proses menabung, emas kamu akan tetap berada di Pegadaian dan fisik emasnya baru bisa diambil kalau beratnya sudah mencapai minimal 5 gram.

“Tapi kalau ingin memiliki fisik emas itu akan dikenakan biaya cetak yang harganya tergantung dari berat emas,” jelasnya.

Apa saja keuntungannya?

Keuntungan di Pegadaian (IG sahabatpegadaian)
Keuntungan di Pegadaian (IG sahabatpegadaian)

Ada beberapa keuntungan yang bisa kamu peroleh dari tabungan emas. Apa aja?

1. Modal kecil

Untuk jenis investasi ini, kamu hanya perlu mengeluarkan uang kecil lho, yaitu gak sampai dari Rp 10 ribu. Itu buat beli emasnya ya!

Jadi, hal itu tentu aja sangat memudahkanmu yang investasi tapi gak perlu mengeluarkan kocek besar.

2. Aman

Saat membuka rekening tabungan yang satu ini, maka emasmu akan tersimpan aman di Pegadaian. Emas milikmu juga akan diasuransikan pihak Pegadaian dengan layanan profesional.

Jadi, kamu gak perlu khawatir emasmu tiba-tiba hilang atau dicuri seperti kalau menyimpannya di rumah.

3. Bisa dijaminkan dan dijual

Kamu tentu udah tahu kalau emas adalah salah satu instrumen investasi yang mudah dicairkan. Jadi, saat butuh uang mendadak, kamu bisa langsung datang ke Pegadaian untuk dijaminkan atau dijual dengan cepat.

Nah, itu dia beberapa keuntungan tabungan emas Pegadaian serta langkah mudah untuk mendaftarnya. Gampang kan? Jadi, udah gak ada alasan dong gak terjun ke investasi? (Editor: Chaerunnisa)

Posting Komentar untuk "Modal Rp 10 Ribu Udah Bisa Investasi! Begini Cara Mendaftar dan Keuntungannya"