Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kabar Gembira, Harga Tiket Pesawat 3 Maskapai Ini Turun 20 Persen!

Garuda Indonesia Group mengumumkan penurunan harga tiket pesawat sebesar 20 persen di seluruh rute penerbangan mulai Kamis pekan lalu. Hal ini dilakukan sebagai upaya peningkatan akses konsumen Garuda Indonesia Group

Penurunan tarif tiket pesawat juga tindak lanjut dari inisiasi Indonesia National Air Carrier Association (INACA), yang baru diberlakukan untuk beberapa rute penerbangan. Kabar gembira ini berlaku untuk semua lini layanan Garuda Indonesia Group mulai dari full service Garuda Indonesia hingga Low Cost Carrier (LCC) Citilink Indonesia, serta Sriwijaya Air-NAM Air Group.

Direkur Utama Garuda Indonesia I Gusti Ngurah Ashkara Danadiputra mengatakan, langkah ini sejalan dengan aspirasi masyarakat dan sejumlah asosiasi industri nasional. Disamping juga arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) terkait penurunan tarif tiket penerbangan dalam rangka mendukung peningkatan perekonomian nasional.

“Khususnya untuk menunjang pertumbuhan sektor pariwisata, UMKM, hingga industri nasional lainnya. Mengingat layanan transportasi udara memegang peranan penting dalam menunjang pertumbuhan perekonomian,” kata Ari seperti dikutip dari katadata.co.id.

Komitmen tersebut juga sejalan dengan sinergi seluruh sektor penunjang layanan penerbangan dalam memastikan tata kelola industri penerbangan yang tepat guna. Baik dari aspek aksesibilitas masyarakat terhadap transportasi udara, serta keberlanjutan bisnis maskapai penerbangan di Indonesia.

Melalui penurunan tarif tiket penerbangan tersebut, Garuda Indonesia berharap akses masyarakat terhadap layanan transportasi udara dapat semakin terbuka luas. Sehingga Garuda Indonesia dapat memberikan pelayanan yang menjangkau seluruh elemen masyarakat.

“Penurunan harga tiket tersebut kami pastikan akan menjadi komitmen berkelanjutan Garuda Indonesia Group dalam memberikan layanan penerbangan dengan tarif yang kompetitif,” kata Ari.

Jokowi Minta Harga Tiket Pesawat Turun

Seperti diketahui, pemerintah mengimbau maskapai penerbangan segera menurunkan tarif tiket pesawat mulai pekan lalu. Hal itu diungkapkan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi di Kompleks Istana Negara, Jakarta, minggu lalu.

Menhub mengatakan Presiden Jokowi meminta harga tiket pesawat segera turun. Selain itu, pihak maskapai penerbangan juga dihimbau bisa melakukan efisiensi untuk menekan ongkos pesawat. Sebab dalam hal ini, pemerintah tidak bisa mengintervensi bisnis perusahaan.

“(Penurunan harga tiket) diusahakan bisa minggu ini,” kata Budi.

Tingginya harga avtur disebut sebagai salah satu biang keladi meningkatnya tarif pesawat. Apalagi, komponen bahan bakar itu menyumbang porsi signifikan terhadap biaya operasional penerbangan.

Direktur Jenderal Perhubungan Udara Polana B Pramesti mengatakan, berdasarkan kajian Kementerian Perhubungan pada akhir 2015, beban avtur mencapai 24 persen dari operasional penerbangan. Sementara, pihak maskapai mengatakan harga avtur menyumbang 40 persen dari biaya penerbangan pesawat.

“Kalau harga turun, otomatis (menjadi) komponen yang berpengaruh. Kami lihat seharusnya mereka bisa lakukan penyesuaian kembali,” kata Polana.

Saat ini, Kemenhub melalui Badan Penelitian dan Pengembangan sedang melakukan perhitungan terhadap tarif pesawat. Namun, kewenangan untuk menurunkan harga avtur berada di tangan PT Pertamina (Persero) dan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

 

Posting Komentar untuk "Kabar Gembira, Harga Tiket Pesawat 3 Maskapai Ini Turun 20 Persen!"