Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jokowi Mau Produk Lokal Jadi Raja di Rest Area Jalan Tol

Presiden Joko Widodo atau yang akrab disapa Jokowi menggagas penjualan produk lokal pada setiap rest area di jalan tol. Dirinya bahkan memerintahkan Menteri PUPR, Walikota, dan Bupati pada setiap daerah yang memiliki jalan tol untuk memastikan itu.

Jokowi berharap disepanjang jalur tol produk-produk daerah bisa dijajakan sebagai upaya membantu pertumbuhan ekonomi lokal dan nasional.

“Kami sudah perintahkan pada Menteri PUPR, Walikota, dan Bupati agar setelah ini selesai (pembangunan tol) ada rest area yang menjual produk atau makanan daerah. Tadi sudah ada usul dari Walikota dan Bupati seperti menjual telor asin, tahu, sate Tegal, dan bawang merah dipajang di situ,” kata Jokowi seperti dilansir dari wartaekonomi.co.id.

Kata Presiden, kadang-kadang di rest area memang diperlukan produk impor) agar bisa menarik pembeli. Tapi yang penting harus didominasi merek lokal atau daerah.

Pedagang Lokal Bisa Berjualan Gratis?

Shutterstock
Ilustrasi Pedagang Lokal (Shutterstock)

Meski begitu, Jokowi belum menjanjikan apakah pedagang lokal yang menempati rest area di tol akan digratiskan atau tidak. Masalah itu nantinya akan dibicarakan oleh Menteri dengan Walikota dan Bupati.

“Siapa yang masuk (ke rest area), semuanya akan diseleksi,” katanya.

Presiden juga mengatakan kalau proyek pembangunan tol yang sudah selesai akan langsung diresmikan. Contohnya seperti jalur tol Batang-Pemalang, Salatiga-Kartasura sebagai upaya persiapan menghadapi libur Natal dan Tahun Baru 2019.

“Kini terus November, Desember setiap minggu meresmikan jalan tol,” katanya. 

Jadi buat kamu yang menjajakan produk lokal, apalagi berdomisili di dekat jalan tol tentunya ini merupakan kabar bahagia. Selain bisa memperbesar omset penjualan, langkah ini juga diharapkan bisa menumbuhkan lapangan kerja bagi warga setempat.

Untuk itu, ditunggu kabar selanjutnya ya. Siapa tahu bisa berjualan di rest area, apalagi jika gratis, sangat menguntungkan bukan?.

 

 

Posting Komentar untuk "Jokowi Mau Produk Lokal Jadi Raja di Rest Area Jalan Tol"