Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Inilah Cara Astronom Mengamati Lubang Hitam

 Bagaimana para astronom mengamati keberadaan lubang hitam Inilah Cara Astronom Mengamati Lubang Hitam
Jennifer Janujj
Bagaimana para astronom mengamati keberadaan lubang hitam? Secara definisi lubang hitam tidak memancarkan sinar apa-apa, dan oleh alasannya yaitu seharusnya tidak sanggup diamati.

Akan tetapi, sebuah lubang hitam juga mempunyai gaya gravitasi dan oleh alasannya yaitu itu ia sanggup berinteraksi dengan objek-objek di sekitarnya.

Astronom banyak mengamati suatu sistem bintang di mana sebuah bintang nampak mengorbit suatu pasangan yang tak terlihat. Bisa jadi ini yaitu sebuah lubang hitam, namun sanggup jadi pula ini yaitu sebuah bintang yang terlalu redup untuk sanggup diamati.

Di antara sistem-sistem ini, ada juga sistem yang diamati memancarkan radiasi sinar-X, contohnya yaitu sistem yang dinamakan Cygnus X-1.

Penjelasan terbaik bagi sistem menyerupai ini adalah: Materi dari bintang yang nampak sedang ditarik oleh pasangan tak nampak.

Materi yang jatuh ke pasangan tak nampak itu kemudian bergerak mendekati dalam orbit spiral, semakin mendekat semakin cepat ia bergerak dan risikonya menjadi panas dan memancarkan sinar-X.

Agar prosedur ini sanggup bekerja, ukuran bintang tak nampak ini harus sangat kecil, paling tidak seukuran bintang katai, bintang neutron, atau sebuah lubang hitam.

Dari gerak orbit bintang anggota sistem Cygnus X-1 yang tampak, sanggup dihitung bahwa massa pasangannya paling tidak yaitu 6 kali massa Matahari kita.

Massa ini tentunya lebih besar daripada massa maksimal sebuah bintang katai maupun bintang neutron. Oleh alasannya yaitu itu kemungkinan besar Cygnus X-1 yaitu sebuah sistem bintang yang beranggotakan sebuah lubang hitam.

Seperti itulah astronom sanggup mengamati keberadaan lubang hitam di alam semesta.

Posting Komentar untuk "Inilah Cara Astronom Mengamati Lubang Hitam"