Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Inilah Bukti Bumi Pernah Dihantam Komet

 Fakta perdana sebuah komet menghantam Bumi ditemukan sekelompok ilmuwan Afrika Selatan ya Inilah Bukti Bumi Pernah Dihantam Komet
Ilustrasi. Kredit: Photostock
Fakta perdana sebuah komet menghantam Bumi ditemukan sekelompok ilmuwan Afrika Selatan yang bekerja sama dengan pihak luar.

Penemuan ini bukan hanya menjadi bukti adanya tumbukan meteor dengan Bumi pada jutaan tahun silam.

Juga menjadi informasi bagi insan untuk menyingkap belakang layar deretan dari tata surya kita.

"Komet selalu mengunjungi langit kita, mereka yaitu bola salju kotor yang merupakan adonan es dan debu," kata David Blocks dari Wits University.

Komet ini memasuki atmosfer Bumi pada 28 juta tahun kemudian di atas langit Mesir. Saat penetrasi tersebut, ia meledak dan memanaskan gurun pasir di bawahnya sampai mencapai suhu 2.000 derajat Celcius.

Hingga menghasilkan deretan dari silika beling berwarna kuning yang tersebar sampai 6.000 kilometer persegi di atas Sahara.

Spesimen silika ini kemudian ditemukan sudah dipoles bersama dengan pelengkap Tutankhamun berupa bros. Penelitian ini akan dipublikasikan dalam Earth and Planetary Science Letters, yang merupakan hasil kolaborasi pakar ilmu bumi, fisikawan, dan astronom.

Salah satu inovasi penting lain yang mereka kaji yaitu inovasi batu hitam yang ditemukan beberapa tahun kemudian di area silika kaca.

Hasil analisa kimia menawarkan bahwa itu yaitu spesimen pertama dari nukleus komet, bukan hanya sekadar tipe meteorit yang ganjil.

Oleh Zika Zakia, Nationalgeographic.co.id, Phsys.org
Disunting seperlunya oleh Arsyanita Noviani


Posting Komentar untuk "Inilah Bukti Bumi Pernah Dihantam Komet"