Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ekuinoks, 23 September Hari Tanpa Bayangan Matahari

Wilayah malam dan siang di Bumi dikala ekuinoks Ekuinoks, 23 September Hari Tanpa Bayangan Matahari
Wilayah malam dan siang di Bumi dikala ekuinoks. Kredit: Earth Sky
Ekuinoks September jatuh pada hari Minggu, 22 September di 20:44 UT. Pada dikala istimewa ini, Matahari akan berada di puncak -- di atas kepala -- di ekuator Bumi.

Meskipun ekuinoks akan terjadi pada dikala yang sama untuk semua orang di seluruh dunia, waktu untuk ekuinoks bervariasi berdasarkan zona waktu. Di Indonesia, ekuinoks yaitu pada tanggal 23 September, pada 03:44 WIB, 04:44 WITA, 05:44 WITA.

Pada ekuinoks September, matahari akan bersinar eksklusif di khatulistiwa. Jika Anda berada di wilayah lintang nol derajat. Anda tidak akan menemui bayangan badan Anda.

Setelah ekuinoks September matahari akan bergerak dari utara ke selatan, hal itu akan menandai awal animo gugur di potongan Bumi utara dan animo semi di potongan Bumi selatan.

Pada hari ekuinoks, matahari terbit benar-benar di timur dan karam di barat di seluruh dunia, semua orang di seluruh dunia akan mengalami siang dan malam yang sama panjang, yakni 12 jam.

Pada bulan Oktober, kedudukan matahari akan berubah secara dramatis. Pada dikala itu, matahari akan terbit terasa di selatan ke timur.

Hal ini akan menciptakan wilayah potongan Bumi selatan mempunyai waktu siang lebih usang dan malam hari hari lebih pendek, sebaliknya di potongan Bumi utara.

Posting Komentar untuk "Ekuinoks, 23 September Hari Tanpa Bayangan Matahari"