Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cassini Temukan Bab Atmosfer Titan Yang Bercahaya

Atmosfer Titan tampak bercahaya dalam gelap yang diambil oleh wahana Cassini. Image credit: NASA/JPL-Caltech/Space Science Institute
Atmosfer Titan dan kabut hidrokarbon. Image credit: NASA/JPL-Caltech/Space Science Institute
Titan memang sebuah Bulan yang unik sekaligus penuh dengan kejutan. Dengan lapisan nitrogen dan metana sepuluh kali lebih tebal daripada Bumi, Titan memperlihatkan hal yang "lebih" jikalau dibandingkan dengan Bulan lainnya di tata surya kita. Titan juga daerah satu-satunya yang mempunyai cairan dalam jumlah besar selain Bumi yang berupa metana dalam jumlah sangat besar.

Wahana NASA yang mengorbit planet Saturnus, Cassini berhasil menemukan bab dari atmosfer Titan yang mendapatkan cahaya. Terlihat pada dua gambar di atas yang telah berhasil di proses. Gambar sebelah kiri memperlihatkan Titan mendapatkan cahaya Matahari yang dipantulkan oleh planet Saturnus yang biasa disebut "Saturnshine" dan gambar sebelah kanan merupakan gambar Titan dengan mengecualikan pantulan cahaya Matahari yang ada. Cahaya redup dari atmosfer Titan tidak hanya tiba dari atas atmosfer akan tetapi juga sampai lapisan bawah atmosfer (300 km/ 190 mil). Cahaya di atmosfer Titan tersebut merupakan reaksi kimia sebagai akhir dari interaksi partikel bermuatan dari Matahari dengan medan magnet Saturnus.

"ternyata Titan bersinar dalam gelap meskipun samar-samar," kata Robert Barat, penulis utama dari jurnal Geophysical Research Letters and a Cassini imaging team scientist dari NASA Jet Propulsion Laboratory (JPL). "Hal ini menyerupai lampu neon di mana elektron yang dihasilkan oleh ledakan listrik pada atom neon menjadikan ia bersinar. Di sini kita melihat cahaya yang memancar saat ledakan partikel mengisi molekul nitrogen di atmosfer Titan. Cahaya tersebut menyerupai cahaya di atmosfer Bumi menyerupai yang sering terlihat dari ISS," tambahnya. (UT, Adi Saputro/ www.astronomi.us)

Posting Komentar untuk "Cassini Temukan Bab Atmosfer Titan Yang Bercahaya"