Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cassini Ambil Foto Pusaran Awan Di Kutub Utara Planet Saturnus

Foto pusaran awan di atas kutub utara planet Saturnus yang diambil oleh wahana Cassini. Image credit: NASA/JPL/Space Science Institute. Color composites by Jason Major 
Wahana Cassini yang mengorbit planet Saturnus berhasil mengambil gambar pusaran awan berputar yang berada di kutub Utara planet tersebut. Foto pusaran awan tersebut diambil pada 27 November 2012 kemudian dan ketika itu Cassini berada sekitar 238,045 mil (383,097 km) dari planet Saturnus. Foto di atas yakni foto berformat RAW yang belum mengalami proses editing apa pun.

Bagi Anda yang ingin tau dengan foto berwarnanya, berikut yakni hasil olah foto yang dilakukan oleh Jason Major sorang hebat desain grafis sekaligus penulis topik astronomi di website Discovery News.


Ukuran pusaran awan dari foto yang diambil Cassini tadi diperkirakan mempunyai lebar 3000-4000 km dan diperkirakan itu yakni sebuah topan dahsyat.

Selain foto di atas, foto lain yang mengatakan pusaran awan berbentuk heksagonal (segi enam) yang juga terjadi di atas kutub utara planet Saturnus bisa Anda lihat di bawah ini


Dan sesudah diolah, maka foto berwarnanya menyerupai ini:


Diameter pusaran heksagonal tersebut diperkirakan mencapai 25.000 km (15.500 mil). Cukup besar sehingga bisa menampung 4 Bumi kalau dimasukkan ke dalamnya.

Benar-benar gambar yang indah dan anggun bukan :-)


(UT, Adi Saputro/ www.astronomi.us)




Posting Komentar untuk "Cassini Ambil Foto Pusaran Awan Di Kutub Utara Planet Saturnus"