Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Berada Di Luar Angkasa Rasanya Menyerupai Di Dalam Air

Berada di Luar Angkasa Rasanya Seperti di Dalam Air Berada di Luar Angkasa Rasanya Seperti di Dalam Air
Astronot latihan di dalam air sebelum ke luar angkasa. Kredit: NASA, ESA
Akan sangat menyenangkan dan besar hati bila dapat pergi ke luar angkasa, apa lagi dapat menjalani misi di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS).

Tapi sebelum Anda dapat ke luar angkasa, Anda harus menghabiskan berjam-jam berguru bagaimana melaksanakan berjalan di luar angkasa (spacewalk), atau yang disebut aktivitas extravehicular (EVA).

Untuk menjadi astronot Anda harus dapat renang

Pertama, Anda harus berguru bagaimana untuk menggunakan baju astronot yang beratnya 127 kilogram. Mengapa begitu berat? Baju astronot yang Anda pakai nanti membawa pasokan oksigen yang membantu Anda tetap hidup dan bernafas.

Ini juga akan menjaga badan Anda pada suhu yang nyaman meskipun suhu di luar angkasa mencapai 200 derajat di bawah nol hingga 200 derajat di atas nol.

Karena tantangan begitu besar, Anda harus berlatih bergerak sambil mengenakan baju astronot dan berguru bagaimana menggunakan alat dengan sarung tangan besar di tangan Anda.

Maka dari itu, astronot praktek melaksanakan spacewalk di bak besar berisi air dan miniatur ISS - astronot biasanya menghabiskan tujuh jam di bawah air dalam training sebelum misinya di luar angkasa.

Para astronot akan dilatih di Rusia, yang mempunyai bak renang di Gagarin Kosmonot Training Center (GKTC) di Star City, Rusia, di mana astronot berguru bagaimana menggunakan pakaian antariksa Rusia.

GKTC yaitu bak besar yang dipenuhi dengan 22,7 juta liter air. Itu merupakan bak renang indoor terbesar di dunia - dengan panjang 62 meter, dan lebar 31 meter serta kedalaman 12 meter.

Pada pecahan bawah GKTC ada model ISS, yang merupakan ukuran yang sama ibarat yang mengorbit Bumi - itulah sebabnya GKTC begitu besar. Ada juga model pesawat ruang angkasa untuk bongkar muat.

Berada di dalam air yaitu sama rasanya seperi di luar angkasa, tapi tidak persis sama. Anda tidak benar-benar terasa ringan ibarat di luar angkasa, tetapi sama-sama mengapung netral.

Istilah apung netral berarti obyek tidak mengapung ke permukaan atau karam ke dasar. Penyelam mencoba untuk menjadi apung netral sehingga mereka tidak karam atau mengapung ke atas dikala mereka di dalam air.

Posting Komentar untuk "Berada Di Luar Angkasa Rasanya Menyerupai Di Dalam Air"