Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Astronom Simpulkan Planet Makemake Tidak Punya Atmosfer

Ilustrasi permukaan planet Makemake. Image credit: ESO/L. Cal�ada/Nick Risinger
Sebuah planet kerdil (dwarf planet) yang berjulukan planet Makemake, mengundang rasa ingin tau para astronom untuk memeriksa apakah di planet kerdil tersebut terdapat atmosfer atau tidak. Planet Makemake merupakan planet kerdil yang ukurannya dua pertiga dari ukuran Pluto yang juga mengorbit Matahari dan letaknya jauh dibelakang Pluto sekitar 19 AU (2.84235954 109 kilometer). Walau begitu planet Makemake masih lebih erat dengan Matahari kalau dibandingkan dengan Eris.

Selama ini astronom beranggapan bahwa planet Makemake mungkin seolah-olah dengan Pluto yang mempunyai atmosfer tipis di atasnya. Namun sepertinya hasil penelitian terbaru para astronom menawarkan hasil yang berbeda.

Tim yang terdiri dari sekumpulan astronom yang dipimpin oleh Jose Luis Ortiz dari Instituto de Astrofisica de Andalucia, CSIC, Spanyol, menggabungkan beberapa hasil pengamatan dari tiga teleskop ESI di La Silla dan Paranal Observatory di Chile, Very large Telescope (VLT), New Technology Telescope (NTT), TRAPPIST (TRAnsiting Planets and PlanetesImals Small Telescope) dan teleskop kecil lainnya di Amerika Selatan untuk melihat planet makemake ketika melintas di depan sebuah bintang yang jauh.

"Planet Makemake melintas di depan sebuah bintang yang jauh lalu menutup dan menghalangi cahaya bintang tersebut. Bintang menghilang dan lalu cahaya pribadi muncul lagi dengan tiba-tiba dan bukan pudar lalu cerah secara sedikit demi sedikit ketika planet Makemake final melintas, hal itu menawarkan bahwa planet tersebut tidak mempunyai atmosfer yang signifikan," ungkap Ortiz.

Okultasi di mana sebuah planet hadir di depan sebuah bintang bagi planet Makemake sangat jarang terjadi alasannya yaitu Planet tersebut bergerak di bab langit yang hanya terdapat sedikit bintang. (SP, Adi Saputro/ www.astronomi.us)

Posting Komentar untuk "Astronom Simpulkan Planet Makemake Tidak Punya Atmosfer"