Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Rahasia Sukses Berbisnis ala Jack Ma, Harus Ditiru Jika Ingin Kaya!

Siapa yang tak kenal Jack Ma, miliarder asal Cina pendiri Alibaba. Kisah sukses Jack Ma kerap dijadikan kunci sukses para pengusaha maupun karyawan di berbagai dunia.

Dia menginspirasi dengan kata-kata penyemangatnya atau bahkan tips sukses yang kerap dilontarkan.

Kegigihannya yang selalu tak mudah menyerah juga berhasil membuatnya jadi sesukses saat ini. Bukan rahasia umum kalau dia sering ditolak bekerja.

Salah satunya, ketika KFC baru membuka gerainya di Cina dan ada 24 pelamar 1 di antaranya ditolak, dan orang itu adalah Jack Ma. Seandainya dia mudah menyerah mungkin dia gak bakalan sesukses sekarang.

Dikutip dari Forbes, kekayaan Jack Ma telah mencapai US$ 37,3 miliar atau Rp 523 triliunan. Setelah sukses menjadi orang kaya, dia kerap menjadi motivator. Memberikan tips sukses dalam berkarier dan berusaha.

Biar kamu termotivasi dan bisa jadi the next Jack Ma, berikut ini kita kasih tips sukses dalam berusaha atau berbisnis ala bos Alibaba Group dikutip dari Inc:

1. Orang-orang harus memercayai kamu

Jack Ma
Jack Ma

Kepercayaan menjadi aspek terpenting dalam berbisnis. Pasalnya, hanya dengan itu, perusahaan dengan klien dapat terjalin baik.

Membangun kepercayaan juga berarti membangun brand dari bisnismu sendiri. Karena sebagian klien pasti menaruh nasibnya terhadap kamu, seandainya kamu bisa dipercaya, berintegritas maka klien tersebut bakalan loyal ke depannya.

Cara meningkatkan kepercayaan adalah, konsitensi dan kualitas produk atau jasa yang bisnis kamu perdagangkan. Pegang pula komitmen yang telah kamu buat dan disepakati dengan klien.

Jika sudah memiliki kepercayaan, maka berapapun uang yang dikeluarkan klienmu itu bukan masalah, asalkan mereka mendapatkan kepuasan.

Baca juga: Mengapa Miliarder seperti Bill Gates Hingga Jack Ma Menjadi Filantropis? 

2. Lupakan kompetisi dan fokus terhadap klienmu

Jack Ma
Jack Ma

Dalam membangun rakasasa e-commerce, Alibaba, Ma gak khawatir tuh sama pesaing-pesaingnya, termasuk yang dari luar Cina.

Pasalnya, yang jadi fokus utamanya dia adalah kebutuhan pelanggan. Dia terus berupaya memenuhi keinginan-keinginan para kliennya, dengan tujuan meningkatkan kepuasan pelanggan.

“Sebagai pengusaha, jangan memfokuskan pandanganmu ke pesaing. Kamu terlalu kecil untuk fokus pada tetangga atau pesaingmu. Fokus pada pelangganmu. Membuat pelangganmu bahagia, itu yang terpenting,” kata Jack Ma.

Baca juga: Pengin Jadi Miliarder seperti Jack Ma, Kamu Wajib Terapkan 3 Kunci Sukses Ini

3. Pikirkan bisnis kamu menuju standar internasional

Jack Ma
Jack Ma

Meski gak terlalu mikirin pesaing-pesaingnya, tapi Jack Ma tetap peduli terhadap perkembangan usahanya.

Dia terus membesarkan Alibaba dengan menggunakan standar-standar bisnis internasional. Salah satunya, menjalar melalui internet dan menyediakan pengiriman ke seluruh dunia.

Meski justru menimbulkan kompetisi yang kuat, tapi dia hanya fokus menjual produk ke seluruh dunia.

Nah, seandainya bisnis kamu hanya sebatas Kota Jakarta, cobalah menjalar ke berbagai daerah. Gak perlu buka cabang atau toko fisik.

Cukup tawarkan produk-produk kamu menggunakan media sosial. Ini tentunya bisa menjaga eksistensi bisnis kamu agar lebih luas lagi.

4. Pekerjakan anak muda dan pintar

Jack Ma
Jack Ma

Jack Ma merasa ketika muda, tak banyak kesempatan yang dimilikinya karena saat itu dunia industri di Cina sangat tertutup.

Belajar dari pengalamannya, dia memberikan kesempatan yang selebar-lebarnya bagi anak muda bergabung dengannya.

Ma berpikiran, anak muda lebih cekatan dan inovatif dalam melakukan segala pekerjaan. Produktivitasnya pun tak perlu diragukan lagi, anak muda lebih terlihat bersemangat dalam bekerja, terutama mereka yang baru lulus.

Fresh graduate rata-rata antusias untuk memasuki dunia kerja. Waktu yang tepat untuk mereka menjelajah dunia baru pascapendidikan, dan tentunya menghasilkan pundi-pundi dari jerih payahnya sendiri.

Tapi, kalau dia merasa gak cocok dengan jenis pekerjaannya, tentunya bakal malas-malasan hingga akhirnya memutuskan resign.

Jack Ma juga memperkerjakan orang-orang yang lebih pintar darinya. Karena memang ini tips sukses yang menurutnya tepat untuk membesarkan bisnis. Tips itu seperti petuah dari mendiang Bob Sadino.

“Orang bodoh sulit mendapatkan kerja, membuka usaha dan mempekerjakan orang pintar,” bunyi petuah mendiang Bob Sadino.

5. Teruslah melangkah maju

Jack Ma
Jack Ma

Ini yang menjadi tips sukses paling ampuh dari sang bos besar Alibaba. Dalam perjalanan bisnisnya, Jack Ma tak pernah berhenti berusaha, dan menyerah. Dia terus melangkah ke depan dan meyakini masa depannya bakalan lebih indah.

Jika menyerah atau pesimis, mungkin Ma tidak akan pernah meraih kesuksesannya. Nah tips sukses yang ini perlu kamu tanam betul di pikiran kamu yang tengah menjalankan bisnis.

Jangan takut memulai, jangan takut gagal, kalau tak dicoba kamu tidak akan tahu ke depannya seperti apa.

“Besok itu sulit, tetapi lusa sangat indah,” kata Jack Ma.

Selain deretan tips sukses tersebut, Jack Ma juga kerap mengajarkan pelajaran hidup yang sangat penting dan menginspirasi yaitu jangan mudah menyerah dalam kegagalan. (Editor: Chaerunnisa)

Posting Komentar untuk "5 Rahasia Sukses Berbisnis ala Jack Ma, Harus Ditiru Jika Ingin Kaya!"