Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Fakta Menarik Seputar Berjalan Di Luar Angkasa

 Fakta Menarik Seputar Berjalan di Luar Angkasa 5 Fakta Menarik Seputar Berjalan di Luar Angkasa
2 astronot berjalan di luar angkasa. Kredit: NASA
Pada tanggal 11 Mei 2013, dua astronot ISS berhasil menuntaskan misi berjalan di luar angkasa untuk memperbaiki kebocoran cairan pendingin.

Berjalan di luar angkasa (spacewalk), yakni acara di mana seorang astronot harus memberanikan diri 'berenang' di gravitasi yang kecil. Berikut yakni 5 fakta yang luar biasa perihal spacewalk berdasarkan NASA:

5. Cepatnya Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS)

Anda mungkin menerima dilema dengan polisi untuk mengemudi lebih dari 60-70 m/jam di Bumi, kini bayangkan akan di 17.227 m/jam.

Itulah kecepatan rata-rata dari ISS ketika astronot keluar dari lingkungan pelindung mereka dalam ISS untuk melaksanakan spacewalk.

4. Suhu yang dingin

Suhu yang astronot hadapi selama spacewalk sanggup berkisar -156 derajat Celcius, tergantung pada posisi mereka.

3. Perlengkapan yang banyak

Untuk beberapa misi spacewalk, astronot sanggup memanfaatkan lebih dari 100 perkakas. Mereka tidak akan merasa keberatan dalam membawa perkakas tersebut alasannya yakni kecilnya gravitasi.

2. Lamanya persiapan

Dibutuhkan sekitar 45 menit untuk menggunakan baju astronot. Dan sebelum menuju keluar, para astronot menghirup oksigen murni selama lebih dari satu jam.

1. Astronot yang menjalani misi spacewalk paling lama

Susan J. Helms dan James S. Voss memegang rekor ketika ini di 8 jam 56 menit untuk spacewalk terpanjang dalam sejarah. Rekor tersebut belum terpecahkan sampai kini. Berminat untuk jadi pemecah rekor?

Posting Komentar untuk "5 Fakta Menarik Seputar Berjalan Di Luar Angkasa"