Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Vu-Meter Led Tanpa Ic

Rangkaian VU-meter dengan LED sanggup dibentuk tanpa melibatkan IC, dengan demikian rangkaiannya pun tidak memerlukan power-supply.
VU-meter LED ini bisa dipasang pada box amplifier, pada wadah/tempat tersendiri atau bahkan pada box speaker secara langsung, tinggal diparalel saja dengan penyambungan speaker. Dapat dipakai untuk amplifier, compo, speaker aktif atau perangkat audio yang memiliki power-amplifier lainnya, tak perduli sistem OTL, OCL, atau BTL.
Berikut ini rangkaiannya :

meter dengan LED sanggup dibentuk tanpa melibatkan IC VU-Meter LED Tanpa IC

Daftar komponen VU-meter Led :
R1 = Lihat teks
R2, R3 = 330Ω
R4 = 220Ω
R5 = 150Ω
R6 = 100Ω
R7 = 27Ω
(semua resistor 1/4W)
C1 = 220µF/25V
C2 = 10µF/25V
D1 = 1N4001
D2...D12 = 1N4148
Led1, Led2 = LED indikator hijau
Led3, Led4, Led5 = LED indikator kuning
Led6, Led7 = LED indikator merah.

meter dengan LED sanggup dibentuk tanpa melibatkan IC VU-Meter LED Tanpa IC
Sederetan LED akan menyala mengikuti level sinyal ac audio yang diberikan pada inputnya.
Jika tidak ada sinyal input, tidak ada LED yang akan menyala. Jika sinyal input level-nya rendah, hanya LED1 dan LED2 yang akan menyala, dan pada sinyal input paling berpengaruh semua LED akan menyala, termasuk LED7.
Perhatikanlah bahwa LED yang dipakai di sini ialah LED indikator (ukuran standar), bukan LED lampu. Tegangan kerja untuk LED lampu terlalu tinggi sehingga kurang cocok dipakai pada rangkaian ini.
Sekilas ihwal LED beserta tegangan kerjanya telah diulas dalam : Jenis-jenis dioda .

Skema rangkaian yang diperlihatkan ialah untuk satu kanal. Jika hendak dipakai pada perangkat audio stereo, dibentuk dua rangkaian menyerupai di atas. Sebaiknya gunakan untuk daya po-amp di atas 5W.

Besarnya R1 diubahsuaikan dengan kemampuan rangkaian amplifier yang digunakan, bisa dicoba-coba antara 1,5Ω sampai 22Ω. Mulailah dengan nilai terendah, kemudian coba dengan membesarkan volume suara. Jika semua LED terlalu gampang untuk menyala, besarkan nilai R1. Lakukan terus percobaan dan cari nilai R1 yang sempurna sehingga saat volume bunyi sudah mendekati maksimal (cacat nyaris terdengar), barulah LED menyala semua.
Untuk amplifier berdaya besar R1 dicoba-coba pada bilangan puluhan sampai ratusan Ohm memakai resistor 1W.

Pemasangan VU-meter LED :
Sambungkan + input rangkaian ke terminal + speaker bersama dengan kabel + speaker. Ground (gnd) disambungkan ke terminal - speaker atau terminal ground speaker bersama dengan kabel - speaker.

Happy soldering!

Posting Komentar untuk "Vu-Meter Led Tanpa Ic"