Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Transfomator Ct Dari Transformator 0V

Transformator biasa (transformator 0V) bahwasanya sanggup juga difungsikan sebagai transformator CT, berikut ini ulasan singkat wacana caranya.

Tentang transformator CT dan keperluan terhadapnya.
Adakalanya sebuah transformator CT (center-tap) diharapkan untuk menciptakan power-supply tegangan terbelah atau power-supply tegangan simetrik.  Tetapi dikala yang tersedia hanyalah transformator yang bukan CT (transformator 0V) mungkin yang terpikir yakni membeli transformator yang baru, padahal belum tentu itu perlu dilakukan lantaran mungkin saja transformator yang ada sanggup difungsikan sebagai transformator CT.
Transformator CT yakni transformator yang memiliki dua gulungan sekunder yang sama terhubung secara seri.  Dengan kata lain : Transformator yang memiliki gulungan sekunder yang di-tap (dibuat terminal sambungan) sempurna pada titik tengah gulungannya, itulah sebabnya ada sebutan “center-tap” yang berarti “tap tengah”.

 bahwasanya sanggup juga difungsikan sebagai transformator CT Transfomator CT dari Transformator 0V

Pada gambar diperlihatkan sebuah transformator dengan gulungan sekunder sebanyak (misalnya) 50 gulungan untuk menghasilkan tegangan 50V, maka tap tengahnya (CT) dibentuk sempurna pada gulungan ke-25. Dengan demikian dari A ke CT akan terdapat tegangan AC sebesar 25V (sesuai jumlah gulungannya) dan dari CT ke B juga terdapat tegangan AC 25V.  Secara keseluruhan, dari A ke B tegangannya yakni sebesar 50V.
Jadi, apabila A dianggap titik nol Volt, maka CT akan menjadi titik 25V, dan B menjadi titik 50V.  Karena itu transformator nol Volt yang memiliki titik-titik tegangan 25V dan 50V sanggup difungsikan sebagai transformator CT 2x25V.  Begitu pun sebaliknya, kalau yang diinginkan yakni justeru transformator nol-Volt biasa dengan tegangan 50V maka sanggup didapatkan dari transformator CT dengan mengambil dari dua titik yaitu A dan B (25V + 25V).

Transformator CT diharapkan dikala hendak menciptakan power-supply untuk rangkaian-rangkaian penguat OCL atau rangkaian lain yang memerlukan suplai tegangan simetrik.  Tentang power-supply jenis ini telah dibahas dalam :
Catu-daya Tegangan Terbelah .
Transformator CT juga diharapkan untuk penyearahan gelombang penuh dengan arus yang maksimal. Penyearahan gelombang penuh memakai dua dioda dari transformator CT juga telah dibahas dalam :
Penyearahan Gelombang Penuh .
Dipersilahkan mengikuti ulasan itu bagi yang belum jelas.

Transformator nol-Volt diharapkan untuk menciptakan power-supply menyerupai yang diharapkan oleh penguat-penguat sistem OTL atau rangkaian lain yang memerlukan suplai tegangan tunggal.

Beberapa tumpuan penerapan.
Umumnya transformator nol-Volt yang tersedia di pasaran memiliki banyak tap/terminal untuk pilihan tegangan. Contohnya transformator nol-Volt 0,5A dijual di pasaran dengan pilihan tegangan 3V, 4,5V, 6V, 7,5V, 9V dan 12V. Transformator ini sanggup dimanfaatkan sebagai transformator CT untuk tegangan 2x3V, 2x4,5V atau 2x6V sebagaimana diperlihatkan pada gambar di bawah.

 bahwasanya sanggup juga difungsikan sebagai transformator CT Transfomator CT dari Transformator 0V

Contoh lainnya yakni :
Transformator 0V – 9V – 18V sebagai transformator CT 2x9V
Transformator 0V – 12V – 24V sebagai transformator CT 2x12V
Transformator 0V – 15V – 30V sebagai transformator CT 2x15V.

Happy learning!


Tulisan dasar wacana transformator : Mengenal transformator .

Posting Komentar untuk "Transfomator Ct Dari Transformator 0V"