Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tanggal Tua No Problem Kalau 6 Hal Ini Dilakukan Setelah Gajian

Tanggal tua, istilah inilah yang beredar dikalangan masyarakat jika sudah memasuki akhir bulan. Apa yang ada di benak kita jika mendengar istilah tanggal tua? Pastinya adalah kondisi keuangan yang semakin menipis. Sehingga memaksa kita untuk lebih berhemat sampai akhirnya berjumpa kembali dengan istilah yang namanya tanggal muda. Dan yang menjadi permasalahan utama kita ialah mengulang kembali kesalahan yang sama, yaitu menghabiskan porsi yang semestinya dapat digunakan untuk satu bulan ke depan, musnah sekejap pada pekan pertama hingga kedua.

Hal inilah yang menjadi paradigma dan sudah semestinya kita rubah, oleh karena itulah kami berikan beberapa ulasan langkah-langkah dalam menghadapi tanggal tua.

Alokasikan pengeluaran.

Bagi anda para pegawai yang telah menerima gaji, alokasikan dana dengan cara menyisihkan sebagian untuk tagihan yang mesti anda lunasi, baik itu hutang produktif atau pun hutang konsumtif. Dan yang terpenting, simpan sebagian dana pada rekening anda, jika terjadi hal yang diluar perkiraan.

Membuat perencanaan belanja (memprioritaskan yang terpenting)

Hal ini bertujuan agar terhindar dari pemborosan, biasanya tanpa anda sadari telah terbujuk oleh promo atau diskon yang membuat anda memiliki keinginan untuk membeli diluar dari rencana awal. Dengan perencanaan belanja ini, anda juga dapat memprioritaskan yang terpenting lebih dahulu, serta menjadi panduan anda pada saat membeli sesuatu.

Membawa persiapan untuk di kantor.

Dengan membawa persiapan atau bekal untuk makan siang di kantor, tentunya anda tidak perlu keluar kantor, dan berhemat sekaligus mendapatkan makan siang yang higienis sesuai dengan selera anda.

Selaraskan antara kebutuhan, kemampuan dan keinginan.

Prinsip terpenting ketika anda berbelanja adalah keselarasan. Terkadang kita sulit untuk membedakan antara kebutuhan dan keinginan. Tentunya ditinjau dari segi kemampuan yang kita miliki. Oleh karena itu, diperlukan sebelum membeli hendaknya melakukan evaluasi diri terlebih dahulu, apakah barang/jasa yang anda beli, sudah tepat dan sesuai dengan kebutuhan serta penghasilan yang diperoleh. Anda dapat membeli barang/jasa yang kebutuhannya sesuai dengan keinginan anda, namun tentu saja hal ini menyebabkan pemaksaan diri. Melalui berhutang, sehingga anda tidak layak untuk mengkonsumsi barang/jasa yang sudah anda beli. Kesimpulannya, dengan tidak melihat seberapa besar bonus yang telah anda dapat, belilah barang sesuai kemampuan. Dan jangan menghamburkan dana untuk hal yang tidak penting, lalu berharap mendapat bonus ekstra dikemudian hari.

Batasi penggunaan kartu kredit (jika memiliki).

Jangan memiliki lebih dari dua kartu kredit jika Anda tidak mampu mengendalikan penggunaanya. Pergunakan kartu kredit secara bijaksana agar nantinya anda tidak terlalu terbebani pada saat melakukan pembayaran. Dengan menuntaskan semua pembayaran, di bulan berikutnya atau di tanggal tua anda tidak akan terbebani lagi dengan hutang.

Investasi.

Beragam cara dalam melakukan investasi, khususnya menginvetasikan gaji anda. Cara sederhana adalah dengan membuka usaha, misalkan membuka warung atau usaha kecil dirumah. Dengan ini anda mungkin bisa mendapatkan uang disamping dari gaji tetap setiap bulan dari kantor. Cara ini sama saja seperti Anda disiplin dalam menabung.

Pada intinya adalah, kemampuan mengelola keuangan yang baik, disertai dengan tingkat kedisiplinan dan kecerdasan dalam meningkatkan pendapatan, akan membuat anda terhindar dari penyakit tanggal tua. Salam!

Posting Komentar untuk "Tanggal Tua No Problem Kalau 6 Hal Ini Dilakukan Setelah Gajian"